Walikota Pekanbaru DR Firdaus ST MT Resmi Melantik Kepengurusan MUI Kecamatan Rumbai Barat Periode 2021-2026

oleh -194 views

Pekanbaru — Walikota Pekanbaru DR Firdaus, ST MT secara resmi melantik Kepengurusan MUI Kecamatan Rumbai Barat periode 2021-2026, bertempat di Aula Lantai 6 Perkantoran Tenayan Raya, pada Selasa (11/1//2022) sekira Jam 14.30 WIB.

Turut hadir dalam pelantikan, Kakanwil Kemenag Riau yang diwakili  oleh Dr. H. Edwar S. Umar, M.Ag Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Riau, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Pekanbaru El Syabrina, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Indra Pomi Nasution, Kepala Dinas Pendidikan Ismardi, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Zulfahmi Adrian, Kepala Dinas Sosial Idrus, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Muhammad Amin, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sarbaini, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Alek Kurniawan, Kepala Bagian Hukum Edi Susanto, Camat se-Kota Pekanbaru serta undangan lainnya.

Walikota Pekanbaru berharap MUI setiap kecamatan, dapat memberi fatwa yang bernuansa nyaman sehingga tercipta situasi yang kondusif di tengah – tengah masyarakat.

“Selamat kepada MUI yang baru kami lantik. Semoga dapat memberi motivasi dan menumbuhkan gairah masyarakat dengan fatwa yang bernuansa nyaman dan kondusif,” tuturnya.

Menurut Firdaus, MUI mesti dapat mengambil peran yang baik di tengah masyarakat yang plural, yakni terdiri dari beragam Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA).

MUI juga dituntut dapat masuk ke lingkungan masyarakat yang beragam tersebut.

“Kita terdiri dari masyarakat yang beragam. Artinya, selain diharapkan dapat bersinergi sama pemerintah, MUI harus pandai menempatkan diri,” ujar Walikota.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum MUI Kota Pekanbaru Prof. DR. H. Akbarizan, M.Pd menyampaikan ucapan terima kasih kepada Walikota Pekanbaru yang telah resmi melantik pengurus MUI Kecamatan.

Lanjut Ketua MUI, juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh camat se-Kota Pekanbaru yang telah membantu proses dan memfasilitasi tempat musyawarah kecamatan di Kecamatan masing-masing.

Lanjut Akbarizan, bahwa MUI ini sangat penting, karena walikota mempunyai program yang luar biasa untuk menjadikan kota Pekanbaru ini menjadi smart city madani diantaranya mendirikan masjid paripurna.

Dan juga selamat kepada seluruh kepengurusan MUI Kecamatan se-Kota Pekanbaru yang baru dilantik.

“Saya berharap juga MUI kecamatan se-kota pekanbaru ini bergandengan tangan dengan masjid paripurna di kecamatan, camat, pak KUA, “. ujar Akbarizan.

Camat Rumbai Barat Junaidi, S Sos mengatakan, bahwa hampir seluruhnya di kepengurusan MUI Kecamatan Rumbai Barat adalah ustadz yang tau berdakwah dan bisa meluruskan mana yang salah. “Untuk itu saya berharap kepada pengurusan yang baru, agar kiranya kita dapat berkoordinasi untuk bagaimana membenahi umat kita ini nanti menjadi pribadi yang lebih baik lagi,” harapnya.

Dari wawancara awak media Nsknews.com kepada Syukron, S.H.I Ketua MUI Kecamatan Rumbai Barat menyampaikan, pertama sekali saya mengucapkan terima kasih kepada Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus, ST., MT yang telah melantik Kepengurusan MUI Kecamatan Rumbai Barat periode 2021-2025.

Lanjut Syukron, setelah Kepengurusan MUI Kecamatan Rumbai Barat ini dilantik oleh walikota pekanbaru tentu pertama kali saya akan memberikan pembinaan kepada seluruh anggota kepengurusan MUI tersebut supaya bisa menjalankan tugasnya masing-masing.

Selanjutnya, juga akan membuat pembinaan kepada masyarakat tentang penyelenggaraan jenazah, karena selama ini yang menyelenggarakan fardhu kifayah itu kebanyakan dari kaum orang tua. Maka kita akan coba buat pembinaan penyelenggaraan fardhu kifayah ini untuk generasi muda.

Dan juga insya Allah kita melakukan pembinaan terhadap para mualaf dan pembinaan masjid.

Kepada masyarakat untuk dapat mendukung dengan adanya keberadaan MUI di Kecamatan Rumbai Barat dan kami siap memberikan solusi dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, baik masalah keagamaan dan kemasyarakatan dan kami siap 24 jam.

“Kami mengajak kita semuanya terutama Majelis Ulama Indonesia Kecamatan Rumbai Barat mari bersama-sama, bahu membahu demi terwujudnya kedepan agama Islam yang semakin baik dan terwujud visi dan misi Walikota Pekanbaru Mewujudkan Pekanbaru Smart City Yang Madani”. pungkas Syukran.

Ketua MUI Rumbai Barat : Syukran, S.H.I

Sekretaris Umum : M. Taufik, S.Pd

Bendahara Umum : Kamal Azmi.