PIP JANUARI 2022: Pemilik NISN Ini Dipastikan Terima PIP Jika Siswa SD SMP SMA/SMK

oleh -13.654 views

Pemilik NISN ini berhak dapat bantuan PIP Januari 2022, jika siswa SD, SMP, SMA, dan SMK miliki sebagai berikut. Cek besaran dana PIP yang diterima oleh masing-masing jenjang pendidikan.

Program Indonesia Pintar atau PIP merupakan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Dikutip Seputarlampung.com dari laman PIP Kemdikbud, pencairan dana bantuan pendidikan PIP telah tersalurkan lebih dari 10 juta siswa SD per 22 Januari 2022.

Sementara itu, pencairan dana bantuan pendidikan PIP telah tersalurkan lebih dari 4,4 juta siswa hingga SMA.

Selanjutnya, pencairan dana bantuan pendidikan PIP telah tersalurkan lebih dari 1,4 juta siswa hingga SMA.

Terakhir, untuk pencairan dana bantuan pendidikan PIP telah tersalurkan lebih dari 1,8 juta siswa hingga SMK, informasi selengkapnya dapat Anda cek melalui laman resmi PIP Kemdikbud.

Sebelum mengetahui apakah Anda sebagai penerima PIP Januari 2022, ada hal yang harus diketahui agar bisa mendapatkan PIP.

allowfullscreen>

Pemerintah menyalurkan Program Indonesia Pintar atau PIP, di mana bantuan tersebut memiliki beberapa syarat pencairan, salah satunya aktivasi rekening pada 31 Januari 2022.

Penyaluran PIP di Januari 2022 adalah pencairan bantuan yang masuk dalam anggaran tahun 2021.

Sementara itu, belum ada informasi lebih lanjut dari pihak penyelenggara, terkait program bantuan PIP tahun anggaran 2022.

Bagi siswa SD, SMP, SMA dan SMK yang ingin mendapatkan bantuan PIP yang cair Januari 2022, Anda masih bisa mengecek nama penerima di situs resminya.

Apabila ada tanda ini, siswa SD, SMP, SMA dan SMK pemilik nomor NISN tersebut dipastikan terima dana PIP Januari 2022, yakni:

1. Peserta didik punya Kartu Indonesia Pintar (KIP).

2. Peserta didik berasal dari keluarga miskin/rentan miskin dengan pertimbangan khusus.

3. Peserta didik SMK yang menempuh studi keahlian kelompok bidang: Pertanian, Perikanan, Peternakan, Kehutanan, Pelayaran, dan Kemaritiman.

4. Peserta didik yang punya SK nominasi penerima PIP.

5. Peserta didik yang punya SK pemberian PIP.

6. Peserta didik melakukan aktivasi rekening PIP.

Berikut besaran jumlah bantuan PIP 2022 yang sudah ditentukan sesuai dengan tingkat pendidikan penerima, di antaranya:

  1. Bagi peserta didik tingkat SD/MI/Paket A akan mendapatkan bantuan sebesar Rp. 450.000 per tahun.
  2. Bagi peserta didik tingkat SMP/MTs/Paket B akan mendapatkan bantuan sebesar Rp. 750.000 per tahun.
  3. Bagi peserta didik tingkat SMA/SMK/Paket C akan mendapatkan bantuan sebesar Rp. 1.000.000 per tahun.

Berikut cara cek penerima bantuan PIP 2022:

• Buka link pip.kemdikbud.go.id.

• Selanjutnya, muncul kolom ‘Cari Penerima PIP

• Setelah itu, masukkan data NISN, tanggal lahir, bulan, dan tahun, serta nama Ibu Kandung.

• Klik cari, lalu informasi mengenai penerima dapat dilihat.

Manfaat dana PIP dapat digunakan siswa jenjang jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK untuk membantu biaya pribadi peserta didik, di antaranya dana dapat digunakan untuk membeli perlengkapan Sekolah.

Dana dapat digunakan untuk membeli perlengkapan Kursus dan melalui dana tersebut dapat digunakan untuk Siswa, seperti uang saku dan biaya transportasi,

Itulah, seputar informasi terkait pemilik nomor NISN bagi siswa SD, SMP, SMA, dan SMK yang dipastikan terima bantuan program PIP Januari 2022, jika ada tanda di atas. Lengkap dengan cara cek nama penerima PIP melalui link pip.kemdikbud.go.id.***