Musrenbang Kecamatan Tuah Madani Tahun 2022

oleh -731 views

Pekanbaru — Kecamatan Tuah Madani melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan tahun 2022 dengan tema penguatan ekonomi kerakyatan dan peningkatan pembangunan infrastruktur dasar yang berkualitas dalam mewujudkan kota Pekanbaru smart city yang madani.

Musrenbang tahun 2022 ini dilaksanakan di depan halaman Kantor Camat Tuah Madani (15/02/22) di Jalan H.R. Subrantas Kelurahan Tuah Madani Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru.

Anggota DPRD Kota Pekanbaru, Ida Yulita Susanti dalam sambutannya mengatakan bahwa tahun-tahun sebelumnya kami belum bisa maksimal memperjuangkan aspirasi masyarakat Tuah Madani karena dampak dari Pandemi Covid-19 menyebabkan kondisi anggaran APBD Kota Pekanbaru dalam keadaan krisis. Sehingga mengakibatkan disamping tertundanya pembangunan juga berdampak pada tertundanya pembayaran insentif RT/RW, pengurangan biaya operasional untuk ASN dan masih banyak program lainnya yang tertunda.

“Jadi, kami bukan tidak memperjuangkan aspirasi rakyat tapi beginilah keadaan kondisi anggaran kita saat ini akibat dampak Pandemi Covid-19”. Jelas Ida.

Ida juga berharap semoga Covid-19 cepat berakhir sehingga seluruh usulan pembangunan yang diusulkan oleh masyarakat dapat direalisasikan kedepannya.

Ida juga menjelaskan tentang bagaimana caranya masyarakat dapat melihat usulan mereka. Dimana setiap usulan tersebut dimasukkan pada SIPD oleh Anggota DPRD sehingga dari SIPD tersebut dapat diketahui siapa saja anggota DPRD yang mengusulkan perencanaan dan dari sanalah dapat diketahui siapa saja kah anggota DPRD yang bekerja untuk rakyat.

Kepala Bappeda Kota Pekanbaru diwakili oleh Ir. Triyatna, MT dalam sambutannya menyampaikan apa yang telah disampaikan oleh Ibu Ida Yulita Susanti sudah sangat lengkap. Dan semua usulan-usulan yang diusulkan oleh kelurahan dan kecamatan dalam Musrenbang juga sudah masuk ke Bapedda Kota Pekanbaru.

Triyatna juga menjelaskan bahwa hasil Musrenbang ini akan diinfut dan ditindaklanjuti ke tingkat kota yang insya Allah akan dibahas pada bulan Maret minggu ketiga.

Junaedi, S.Si, M.Si selaku Camat Tuah Madani dalam sambutannya menyampaikan kepada masyarakat Tuah Madani untuk bersama-sama saling bahu membahu untuk memperjuangkan pembangunan di daerah Tuah Madani.

Camat yang baru menjabat 1 bulan di Kecamatan Tuah Madani ini juga menjelaskan bahwa semua hasil Musrenbang nantinya akan di copy dan selanjutnya disampaikan kepada seluruh anggota DPRD dapil V ini agar mereka dapat membantu dalam pengawalan usulan ini.

Junaedy juga mengharapkan agar Pemerintah kota Pekanbaru dapat memprioritaskan kantor Camat dan juga beberapa kantor Lurah karena status kepemilikannya masih mengontrak sehingga Junaedi menegaskan agar kantor Camat agar dapat diprioritaskan terlebih dahulu.

Junaedy juga menjelaskan bahwa semua usulan sudah dimasukkan kedalam musrenbang kecamatan namun diharapkan dari usulan-usulan yang dimasukkan tersebut dapat diambil skala prioritas untuk dapat diajukan ke Musrenbang Kota Pekanbaru.

Diakhir sambutannya, Camat Tuah Madani Junaedy, S.Si, M.Si membuka secara resmi kegiatan Musrenbang Kecamatan Tuah Madani tahun 2022.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan Tuah Madani tahun 2022 ini dipimpin langsung oleh Ketua LPM Tuah Madani, Muhammad Syafii S. untuk memusyawarahkan usulan prioritas masyarakat. Dimana sesuai kesepakatan di usulkan 5 usulan dari masing-masing kelurahan yang ada di Kecamatan Tuah Madani. Adapun usulan-usulan yang diprioritaskan tersebut antara lain : usulan pembangunan kantor Camat, Pembangunan Kantor Lurah, pengaspalan dan semenisasi jalan, pengusulan UEK SP, Pembangunan SMPN 46, Pembangunan drainase karena terkait dengan banjir saat musim penghujan, semenisasi jalan SMPN 46, dan lainnya.

Rata-rata usulan yang disampaikan dalam Musrenbang Kecamatan Tuah Madani adalah memprioritaskan fasilitas umum untuk daerahnya. Tutup Junaedy

Turut hadir, Anggota DPRD Kota Pekanbaru Dapil V Ida Yulita Susanti, SH., MH., Bapedda Kota Pekanbaru, Danramil, Perwakilan Polsek Tampan, Lurah, Ketua LPM, Forum RT/RW dan seluruh OPD serta ormas se-Kecamatan Tuah Madani.