Kepengurusan MUI Kecamatan Sukajadi Periode 2021-2026 Telah Resmi Dilantik

oleh -191 views

Pekanbaru — Kepengurusan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Sukajadi masa jabatan 2021-2026 dilantik oleh Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus, ST., MT. Kegiatan pelantikan tersebut dilaksanakan di Aula Perkantoran Tenayan Raya, Selasa (11/1/2022). Tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Turut hadir dalam pelantikan, Kakanwil Kemenag Riau yang diwakili  oleh Dr. H. Edwar S. Umar, M.Ag Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Riau, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Pekanbaru El Syabrina, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Indra Pomi Nasution, Kepala Dinas Pendidikan Ismardi, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Zulfahmi Adrian, Kepala Dinas Sosial Idrus, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Muhammad Amin, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sarbaini, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Alek Kurniawan, Kepala Bagian Hukum Edi Susanto, Camat se-Kota Pekanbaru serta undangan lainnya.

Pekanbaru — Majelis Ulama Indonesia (MUI) diminta bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dalam membangun ketenteraman di tengah masyarakat yang pluralisme.

Permintaan itu disampaikan Walikota DR. H. Firdaus ST MT usai melantik sejumlah pengurus MUI tingkat kecamatan se Kota Pekanbaru. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan berlangsung di Aula Perkantoran Walikota Tenayan Raya, Selasa (11/1/2022).

Walikota Pekanbaru berharap MUI setiap kecamatan, dapat memberi fatwa yang bernuansa nyaman sehingga tercipta situasi yang kondusif di tengah – tengah masyarakat.

“Selamat kepada MUI yang baru kami lantik. Semoga dapat memberi motivasi dan menumbuhkan gairah masyarakat dengan fatwa yang bernuansa nyaman dan kondusif,” tuturnya.

Menurut Firdaus, MUI mesti dapat mengambil peran yang baik di tengah masyarakat yang plural, yakni terdiri dari beragam Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA).

MUI juga dituntut dapat masuk ke lingkungan masyarakat yang beragam tersebut.

“Kita terdiri dari masyarakat yang beragam. Artinya, selain diharapkan dapat bersinergi sama pemerintah, MUI harus pandai menempatkan diri,” ujar Walikota Pekanbaru beberapa waktu kemarin.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum MUI Kota Pekanbaru Prof. DR. H. Akbarizan, M.Pd menyampaikan ucapan terima kasih kepada Walikota Pekanbaru yang telah resmi melantik pengurus MUI Kecamatan.

Lanjut Ketua MUI, juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh camat se-Kota Pekanbaru yang telah membantu proses dan memfasilitasi tempat musyawarah kecamatan di Kecamatan masing-masing.

Lanjut Akbarizan, bahwa MUI ini sangat penting, karena walikota mempunyai program yang luar biasa untuk menjadikan kota Pekanbaru ini menjadi smart city madani diantaranya mendirikan masjid paripurna.

Dan juga selamat kepada seluruh kepengurusan MUI Kecamatan se-Kota Pekanbaru yang baru dilantik.

“Saya berharap juga MUI kecamatan se-kota pekanbaru ini bergandengan tangan dengan masjid paripurna di kecamatan, camat, pak KUA, “. ujar Akbarizan.

Ketua terpilih Kastaruddin, S.Ag, kedepannya akan bersinergi dengan program MUI Kota Pekanbaru dalam rangka untuk menyampaikan informasi keummatan kepada masyarakat secara langsung. Karena selama ini kita lihat dan kita dengar bahwa informasi tentang MUI dari level Kecamatan itu agak kurang tersampaikan. Mudah-mudahan bisa lebih tersampaikan mulai dari program pusat sampai ke daerah. Tentunya MUI ini merupakan berupa penyampaian perpanjangan tangan dari program-program pemerintah yang sudah dibuat secara terarah, ya mudah-mudahan kedengarannya anggota MUI Kecamatan diharapkan bisa bersinergi dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang telah diprogramkan bersama.

Ketua MUI Kecamatan Sukajadi : Kastaruddin, S.Ag

Sekretaris Umum: Arwin Assayyidi, SE

Bendahara Umum : Ibuk Mai, S.Pd., M.Pd