Kepala BPTP Riau Dr. Ir. Sugeng Widodo, MP: Diap Berikan Yang Terbaik Untu Riau

oleh -368 views

Pekanbaru — BPTP Balitbangtan Provinsi Riau pertanggal 23 September 2021 resmi dipimpin oleh Dr.Ir. Sugeng Widodo, MP menggantikan Dr. Salwati, SP, M.Si yang sudah berakhir masa jabatannya sebagai Kepala BPTP Balitbangtan Provinsi Riau. Kegiatan lepas sambut pergantian kepemimpinan ini dilakukan di halaman Kantor BPTP Balitbangtan Riau di jalan Kaharuddin Nasution Pekanbaru (23/09/21).

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Balitbangtan Kementerian Pertanian, Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau dan Forkominda lainnya.

Dalam kata sambutannya, Sugeng Widodo mengatakan terimakasih kepada Kepala BPTP Riau yang lama, Dr. Salwati, SP, M.Si yang telah memaparkan secara rinci kinerjanya selama menjabat di BPTP Riau. Sugeng juga menjelaskan bahwa program-program yang sudah dirintis oleh Ibu Salwati baik yang sudah berjalan maupun yang akan direncanakan selaku Kepala BPTP Riau yang baru akan siap meneruskan dan memberikan kinerja terbaik untuk BPTP Riau.

Sugeng Widodo sebelumnya menjabat sebagai Kepala BPTP Kepulauan Meranti selama 2 tahun dimana 96% daerahnya adalah lautan, sangat berbeda dengan Provinsi Riau yang merupakan 90% lebih adalah daratan. Tentunya dengan kondisi ini, untuk melakukan pendampingan dengan masyarakat sekitar akan sangat jauh berbeda dari Kepulauan Meranti. Untuk itu, Sugeng melanjutkan bahwa perlu dilakukan penyusunan strategi lain dalam melakukan pendampingan nantinya.

Namun yang paling penting sekali menurut Sugeng Widodo adalah dukungan dari semua pegawai BPTP Riau dan juga pimpinan di Badan Litbang untuk dapat membimbing dan membina serta mempersiapkan logistik terkini yang bisa membangun dan meningkatkan pertanian di Riau ini. Selain itu, Sugeng juga minta support kepada Kementrian untuk benih-benih dasar yang bisa dikembangkan di wilayah Riau.

Sugeng Widodo juga tidak akan banyak melakukan perubahan dalam anggaran tahun 2021 ini dimana Ia akan meneruskan apa yang telah dirintis oleh Kepala BPTP Riau yang lama. Dan Sugeng juga akan melaksanakan kerjasama baik dengan mitra yang sudah dilakukan oleh Ibu Salwati sehingga meringankan kerja dari Kepala BPTP Riau yang baru ini. Jadi Sugeng hanya tinggal mensupport untuk meningkatkan kerjasama ini.

Dalam wawancara lanjut dengan Sugeng Widodo, Beliau menjelaskan bahwa setelah ini banyak program-program nasional terutama untuk mendukung Kementan yang akan berfokus kepada pembenihan, khususnya pembenihan yang mensupport di wilayah Riau, baik tanaman pangan, perkebunan, dan holtikultura.

Sugeng sudah diberi amanah selain melaksanakan program dari Balitbangtan sendiri, Direktorat Jendral di Kementerian pun membutuhkan BPTP Riau memproduksi benih sumber khususnya. Ini yang menjadi program utama dari BPTP Riau untuk menyediakan benih yang berkualitas, baik untuk wilayah Riau.Selain itu juga, BPTP Riau akan melakukan pengajian-pengajian inovasi teknologi terbaik yang ada di Kementrian dengan harapan BPTP Riau dapat menggunakan teknologi modern dan menggunakan alat-alat, penggunaan varitas unggul yang super dan harus dikembangkan di wilayah Riau.

Sugeng juga menambahkan Riau memiliki karakteristik yang komplit di segala bidang mulai dari pertanian, pangan, holtikultura, peternakan dan juga perkebunan yang tidak perlu diragukan lagi dengan daerah yang spesifik sehingga memerlukan teknologi yang spesifik juga. Inilah program-program utama yang akan dilakukan oleh BPTP Riau pada tahun 2022 nanti.