Kapolresta Pekanbaru Hadiri Study Kelayakan dan Peninjauan Lokasi Pembangunan Polsek Marpoyan Damai

oleh -1.074 views

Pekanbaru — Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Dr. Pria Budi, S.I.K., M.H., Hadiri Study Kelayakan dan Tinjau lokasi Pembangunan Polsek Marpoyan Damai yang dilakukan oleh TIM Biro Perencanaan Polda Riau di Jln. Arifin Ahmad Kota Pekanbaru. Senin,(08/11/2021).

Dalam kegiatan Study Kelayakan Pembentukan Polsek Marpoyan Damai dipimpin oleh Ketua Tim Study Kelayakan Kombes Pol. Ano Munarto, S.H., S.I.K., M.M., Berserta Tim didampingi Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol. Dr. Pria Budi, S.I.K., M.H., Wakapolresta Pekanbaru AKBP. Henky Poerwanto, S.I.K., M.M., Walikota Pekanbaru di Wakili oleh Sekda Kota Bpk H. Muhammad Jamil, M.Ag., M.Si dan dihadiri PJU Polresta Pekanbaru, Kapolsek Jajaran Wilayah Hukum Polresta Pekanbaru, Camat Marpoyan Damai Bpk. Junaedy, S.SOS., M.Si, dan unsur Pemerintahan tingkat Kelurahan.

Dalam hal ini Kapolsek Sub Sektor Ipda Ilham NG.,SH mengatakan adanya tujuan dasar ingin di bentuknya Polsek Marpoyan Damai berdasarkan dukungan Masyarakat dan Pemerintah Daerah.

“Dasar Dukungan Dari Masyarakat, Dukungan pemerintah daerah, Jumlah masyarakat di Kec. Marpoyan Damai menjadi daerah terpadat di daerah kota Pekanbaru dengan luas wilayah terdiri dari 6 kecamatan. Dari kepadatan penduduk disiang hari di tambah Bandara SSQ II berada di Marpoyan damai yang menjadi Central, adanya kawasan Pendidikan, Bank, Perumahan Sederhana dan Elit, Sektor Pertanian, Perusahaan, Kantor, Cafe, Pom Bensin, Hotel yang menjadikan alasan kenapa Polsek Marpoyan Damai segera terbentuk,” Ucapnya.

Dalam Kesempatannya Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol. Dr. Pria Budi, S.I.K., M.H., mengatakan bahwa Kec. Marpoyan Damai merupakan lokasi strategis.

“Marpoyan Damai memiliki lokasi Strategis yang terdiri dari Kawasan Perumahan, Kawasan Objek Vital, Kawasan Perkantoran, Kawasan Pergudangan, Central Kuliner jadi dari sore sampai malam Jln. Arifin ini sangat ramai karena berdirinya Cafe, dan juga memiliki objek vital Nasional seperti Bandara SSQ II, Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, ada Rumah Sakit, SPBU, Perkantoran Pemerintah dan Swasta, dan Mall sehingga Kec. Marpoyan Damai ini merupakan penyumbang terbesar APBD,” Ujarnya.

Melihat tingkat Kriminalitas yang tinggi di Kec. Marpoyan Damai, Kapolresta mendorong segera terwujudnya pembangunan Polsek Marpoyan Damai.

“Kriminalitas beberapa waktu ini sangat menonjol pencurian dengan kekerasan dan Curanmor plus Balapan Liar, adanya Konflik Sengketa Lahan. Dari data Kriminal Polsek Bukit Raya paling tinggi tingkat Kriminalitas terjadi di Kec. Marpoyan Damai, Dari data yang ada di tahun 2019 Kec. Marpoyan Damai mencapai 1.081 Kasus. Sehingga sudah selayaknya Polsek Marpoyan Damai segera berdiri,” Tambah Kapolresta Pekanbaru.

Walikota Pekanbaru yang di Wakili oleh Sekda Kota Pekanbaru H. Muhammad Jamil, M.Ag., M.Si mengatakan bahwa Kec. Marpoyan Damai memiliki potensi dan membantu pembangunan Polsek Marpoyan Damai.

“Potensi di Kecamatan Marpoyan Damai sangat baik dan Pak Walikota juga menyampaikan Kepada Kita akan membantu untuk pembangunan Polsek Marpoyan Damai. Kami dari pemerintah kota Pekanbaru akan mensupport apa yang menjadi keinginan masyarakat Kota Pekanbaru,” Ujarnya.

Dalam sambutan Ketua Tim Study Kelayakan Kepala Biro Perencanaan Polda Riau Kombes Pol. Ano Munarto, S.H., S.I.K., M.M mengatakan Study Kelayakan Pembentukan atau pemekaran suatu wilayah.

“Merujuk pada Study Kelayakan merupakan bagian dari pembetukan atau pemekaran suatu wilayah untuk terciptanya pembentukan Polsek dilihat dari salah satunya karena kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang ada serta jumlah penduduk dan luas wilayahnya,” Ucapnya.

Beliau menambahkan bahwa secara tahapan untuk pemekaran yang terjadi di Kec. Marpoyan Damai sudah sangat layak dibangunn.ya Mako Polsek Marpoyan Damai.

“Secara tahapan untuk pemekaran sudah sangat layak untuk dibangun Mako Polsek di Kec. Marpoyan Damai dengan sudah terfasilitasi sarana dan prasarana dengan dihibahkan tanah Pemko Pekanbaru. Dan kita akan mensegerahkan pengajuan untuk tingkat Mabes Polri agar terwujudnya Polsek Marpoyan Damai,” Tambahnya.

Sebelum mengakhiri Study Kelayakan Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol. Dr. Pria Budi, S.I.K., M.H., berserta PJU Polresta Pekanbaru mendampingi Ketua Tim Biro Perencanaan Polda Riau Kombes Pol. Ano Munarto, S.H., S.I.K., M.M., beserta Tim meninjau areal lahan yang akan di lakukan pembangunan Polsek Marpoyan Damai di Jalan Majalengka Rt 02 Rw 15 Kel. Sidomulyo Timur Kec. Marpoyan Damai Pekanbaru.