Gratis Belajar Ilmu Agama di MDTA Al-Hamid, Ni Kata Kepsek

oleh -357 views

Pelalawan – Anak-anak yang belajar ilmu Agama di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al-Hamid di gratiskan dan tidak dituntut atau tidak dianjurkan oleh pengurus agar harus berpakaian seragam seperti sekolah-sekolah pada umumnya.

Hal itu dikatakan Kepala MDTA Al-Hamid, Selida Nurjuliana SE saat di wawancarai di MDTA Al-Hamid tepatnya berada di Jalan Surya Perkasa, Kelurahan Sorek Satu, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, Selasa (13/10/2021).

“Mereka para murid belajar disini gratis, artinya mereka yang belajar disini tidak dipungut SPP atau iuran wajib bagi murid,” kata Selida Nurjuliana saat diwawancarai.

Selida Nurjuliana menceritakan bahwa gratis belajar di MDTA Al-Hamid sesuai dengan wasiat dari pendiri madrasah yakni Abdul Hamid Lubis (Alm), berdirinya MDTA Al-Hamid bermodalkan dana pensiun hari tua beliau saat bekerja disalah satu perusahaan dan kemudian beliau mewakafkan tanahnya untuk pendirian MDA.

allowfullscreen>

“Pesan beliau (Pendiri MDTA Al-Hamid) agar anak-anak yang ada disekitar sini bisa sekolah (gratis) dan tidak perlu keluar kampung lagi untuk belajar ilmu agama,” terangnya.

“Pendiri MDTA Al-Hamid bukanlah seorang ulama, ustadz atau sarjana namun perhatiannya terhadap pendidikan ilmu agama sangat tinggi agar melahirkan generasi penerus memiliki pemahaman terhadap ilmu agama,” tambahnya.

Ia menjelaskan bahwa pada awalnya ada dua kelas yang berdindingkan papan dan beralaskan tanah namun sekarang gedungnya sudah permanen karena telah mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Pelalawan.

“Alhamdulillah sampai sekarang pesan beliau masih kami jalankan sebagai sekolah gratis tanpa ada pungutan SPP, selain itu saya juga bersyukur karena merasa beruntung sebab MDTA Al-Hamid memiliki ustazah-ustazah atau pengajar yang sangat tangguh dan sangat luar biasa,” ucapnya.

Adapun visi dan misi MDTA Al-Hamid yaitu ikhlas mencerdaskan anak-anak bangsa melalui ilmu agama. Saat ini MDTA Al-Hamid juga masih membutuhkan dua kamar mandi dan bantuan ruang belajar.

“Kita harapkan kedepannya kita juga dapat bantuan bangunan untuk ruangan belajar supaya murid-murid kita disini bisa belajar ilmu agama dengan lancar dan nyaman, untuk info lebih lanjut bisa menghubungi 0823 8418 0584,” tutupnya.

Sebagai informasi saat ini kondisi ruang belajar MDTA Al-Hamid dirasa masih dibawah standar karena para murid belajar hanya beralaskan tikar ditambah lagi kaca jendela sudah ada yang pecah dan atap sudah ada yang bocor sehingga perlu dukungan semua pihak untuk membantu pembangunan agar lebih baik dari saat ini.

Diketahui bahwa MDTA Al-Hamid juga telah menerima piagam penghargaan Pendidikan Diniyah Takmiliyah dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pelalawan pada tahun 2010.

Terakhir Kepsek MDTA Al-Hamid Selida, dengan bermodalkan dana pensiun dari salah seorang warga untuk pembangunan MDTA Al-Hamid ini, kami juga berharap sambil mengetuk pintu hati bapak Bupati Pelalawan H. Zukri Supaya dapat memberikan bantuan penambahan ruangan pembangunan WC serta perbaikan fasilitas yang sudah ada saat ini agar bisa lebih baik lagi bagi anak-anak kita penerus bangsa dan negara pada umumnya dan lebih khususnya di Kecamatan Pangkalan Kuras dan di Kabupaten Pelalawan. Semoga yang berwakaf dan para donatur yang terus memberikan bantuan ke MDTA Al-Hamid yang kami pimpin ini dibalas oleh Allah SWT atas segala kebaikannya. Harapnya.