DMDI Riau Ziarah Ke Makam Tun Fatimah Srikandi Malaka

oleh -2.284 views

NSK | Kampar, Ahad, 5 Desember 2021 Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Provinsi Riau yang dikomandoi langsung oleh Drs. Taslim, MA selalu Sekretaris DMDI Riau bersama 13 anggota DMDI lainnya mengadakan kegiatan Ziarah Kubur ke Makam Tun Fatimah, seorang pejuang wanita dari Malaka yang dalam pengejaran Portugis membuatnya pindah dan menghembuskan Nafas terakhir di Sungai Tonang Kabupaten Kampar.

Lokasi Makam yang berjarak 53,9 KM sekitar 1 Jam 30 menit dari Kota Pekanbaru, sekre DMDI Riau. Tun Fatimah merupakan anak dari Tun Mutakhir Bendahara Malaka, tahun 1511 Masehi Portugis menghancurkan Malaka.

Drs. Taslim, MA juga mengatakan bahwa Tun Fatimah yang merupakan Pendekar berguru kepada Hang Tuah, dalam situasi terjepit Tun Fatimah dipindah ke Bintan, dan masih dikejar oleh Portugis karena Tun Fatimah akan mewarisi generasi yang akan datang, dalam bantuan Hang Tuah juga Tun Fatimah pindah ke Kampar karena masih dikejar oleh Portugis tanpa membawa apa-apa, dan meninggal di Kampar karena sakit yang disebut to’un yang menyerang, dan semua pasukan juga terkena to’un yang sakitnya tidak bisa disembuhkan lagi. Sehingga akhirnya Tun Fatimah, dayang-dayang dan pasukannya dimakamkan di Sungai Tonang, Kabupaten Kampar.

Dalam wawancara singkat Drs.Taslim,MA berkata, “Kegiatan ini sebenarnya sudah lama ingin dilaksanakan dan tertunda-tunda, dalam rangka mengambil hikmah, bagaimana Tun Fatimah memperjuangkan dirinya baik secara individu, perempuan dan pendekar serta sebagai srikandi bangsa, kedua mengambil hikmah semangat juang dari Tun Fatimah dan kita juga akan kembali, mengambil ikhtibar, bukan Tun Fatimah yang mendoakan kita, tetapi kita mendoakan Tun Fatimah, mudah-mudahan beliau diletakkan di tempat terpuji oleh Allah SWT dan terakhir semoga menjadi Tauladan bagi kita, semangat juangnya menular kepada DMDI RIau.”