Danrem 031 Wirabima Terima Gelar Adat Dari LAM Rohil

oleh -96 views

Rohil — Danrem 031 Wirabima Brigjend TNI Parlindungan Hutagalung S.A.P menerima gelar adat dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) saat melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) perdana bersama ketua Persit KCK Korcab Rem 031 Wirabima Mira Parlindungan ke Rohil.

Gelar yang diberikan kepada Danrem 031 Wirabima adalah Datuk Panglimo Lelo Mudo yang berarti pelindung atau perisai. Pemberian gelar tersebut dilakukan di Taman Budaya, Batu Enam, Bagansiapiapi, Rabu (7/9/2022)

Kehadiran Danrem bersama rombongan disambut oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong bersama Wabup H. Sulaiman, Ketua DPRD Maston, Dandim 0321 Rohil Letkol M. Erfani, Kajari Rohil Yuliarni Appy, Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto, jajaran Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh adat dan lintas organisasi. Usai disambut di Taman Budaya Batu Enam, selanjutnya disambut di depan rumah dinas Bupati Rohil dengan prosesi penyambutan Melayu. Seterusnya dilanjutkan dengan prosesi penabalan gelar adat oleh LAMR Rohil dan diakhiri dengan tepung tepung tawar.

Bupati Rohil Afrizal Sintong menyampaikan ucapan selamat datang kepada Danrem di Kabupaten Rohil. Kabupaten Rohil khususnya bagaimana memiliki banyak historis dan merupakan kota tertua serta pernah menjadi penghasil ikan nomor dua terbesar di Dunia. Kondisi dan wilayah Kabupaten Rohil diantaranya memiliki 18 Kecamatan, 176 Kepenghuluan serta memiliki pulau terluar dan berbagai cagar alam, “Tentunya kita juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada majelis tinggi kerapatan adat Rohil yang telah memberi gelar kepada Danrem 031 Wirabima dengan gelar Datuk Panglimo Lelo Mudo” ujarnya.

Pemberian gelar ini juga sebagai bentuk penghargaan, penghormatan kepada Danrem yang baru bertugas sebagai Komandan Korem 031 Wirabima dan baru perdana melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Rohil. Danrem 031 Wirabima Brigjend TNI Parlindungan Hutagalung S.A.P dalam sambutannya mengaku sangat bangga dan berbahagia karena mendapat kehormatan dari lembaga adat Melayu Riau Kabupaten Rohil yang telah menganugerahkan gelar kehormatan Datuk Lelo Mudo, “Dengan penganugerahan yang terhormat ini atas nama pribadi, keluarga dan kesatuan saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada LAM Riau Kabupaten Rohil atas pemberian dan penambalan gelar kehormatan adat kepada kami sebagai Danrem 031 Wira Bima,” ucapnya.

Danrem, pemberian gelar ini merupakan suatu kebanggaan dan kebahagiaan bagi dirinya. Apalagi, proses pemberian gelar tentu memerlukan pertimbangan yang matang dan tidak diperoleh sembarangan orang dan itu merupakan suatu kehormatan. Oleh sebab itu, Danrem menyebutkan bahwa kehormatan ini bukan hanya seremonial melainkan mempunyai tanggung jawab yang kuat bagi dirinya dan harapan yang tinggi dari masyarakat khususnya untuk kemajuan dalam bidang adat dan sosial budaya di Kabupaten Rohil khususnya.

Danrem juga mengatakan bahwa pihaknya akan terus mendukung pemerintah dalam membangun daerah. Danrem juga mengingatkan agar masyarakat tidak mudah terpengaruh dengan budaya yang tidak sesuai dengan budaya dan adat istiadat masyarakat dan harus terus menjaga Kabupaten Rohil agar menjadi contoh bagi yang lain.