Camat Inuman Arifin,SE Buka secara Resmi Bimtek Pengelolaan Bumdes”Arifin minta Bumdes harus pandai baca potensi

oleh -1.645 views

 

Pekanbaru : Badan Kerja Sama Antar desa(BKAD) kecamatan Inuman kabupaten kuantan Singingi kembali menggelar Bimbingan Teknis(Bimtek) tentang pengelolaan Bumdes(badan usaha milik desa ),kegiatan tersebut berlangsung disalah satu hotel dipekanbaru dengan menerapkan prokes covid 19.Senin 01/12/21.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu diikuti oleh peserta yang terdiri dari Kepala Desa,Direktur Bumdes,Kepala Unit Bumdes.

“Ya Kegiatan bimtek ini akan berlangsung selama dua hari mulai tanggal 1 sampai tanggal 2 Desember 2021.kata Hardianto Ketua BKAD kecamatan Inuman.

Hardianto menjelaskan sebelum nya kita dari BKAD kecamatan Inuman sudah melaksanakan bimtek tentang tata kelola Bumdes,hari ini kita bimtek tentang pengelolaan bumdes.

Tata kelola dan pengelola ini kan beda defenisinya.

“Tata kelola bukanlah pengelolaan.Dan tata kelola bukanlah mengenai membuat suatu keputusan tertentu, hal tersebut adalah pengelolaan.

allowfullscreen>

Jadi ketika kita membuat kerangka kerja (framework) Itulah tata kelola.

Sedangkan keputusan-keputusan atau arahan yang dibuat dalam aktivitas yang kita lakukan, itulah pengelolaan.

Mengapa kita memerlukan tata kelola ?

Dan jawabannya jelas, agar setiap aktivitas (termasuk pengelolaan di dalamnya) sesuai dengan tujuan, visi dan nilai (value) dari Bumdes ini.jelas Hardianto.

Camat Inuman Arifin,SE pengurus BUMDes di Kecamatan Inuman Kabupaten Kuantan Singingi, Camat minta BUMDes harus pandai membaca potensi.

Ini diungkapkan Camat Inuman Arifin,SE saat membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi pengurus BUMDes se Kecamatan Inuman.

Arifin berharap bisa meningkatkan kapasitas para pengurus BUMDes berkaca dengan UU Cipta Kerja.

Satu hal yang terpenting, lajut Arifin adalah pengurus BUMDes memahahi tentang pengelolaan BUMDes.

Jika sudah memahami, maka BUMDes di masing masing desa di kecamatan Inuman ini bisa naik kelas.

“Harapan kita bisa naik kelas dari BUMDes dasar menjadi BUMDes yang statusnya berkembang dan maju,” tandasnya.