Bupati Rohil Serahkan Bantuan Modal Usaha Ke Mustahik

oleh -155 views

Rohil – Bupati Rohil Afrizal Sintong Rabu (30/6/2021) menyerahkan bantuan zakat dalam program Rohil Makmur untuk modal usaha yang di kelola Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) .

Bantuan berasal dari zakat tersebut dari Mei berkisar 4 Milyar sebanyak 930 juta dari zakat personil Polres Rohil.

Sehingga zakat yang terkumpul tersebut jika di total mencapai 5 Milyar rupiah .

Sedangkan pengeluaran alias zakat yang di Salurkan hingga Juni sebesar 3.910.000.000 atau mendekati angka 4 Milyar rupiah.

Baznas telah menyalurkan bantuan untuk 1.000 orang
dengan rincian 295 orang untuk bantuan berobat, 41 orang nafkah rutin tiap bulan menyalurkan 13 juta juta rupiah.

Hal ini di ungkapkan Baharudin Ketua Baznas Rohil di hadapan Bupati Rohil.

Juga termasuk program sembako Ramadhan di 18 Kecamatan dengan total 3700 paket.

allowfullscreen>

Pada Rabu (30/6/2021)  bantuan modal usaha dan berobat untuk 500 orang yang secara simbolis di serahkan Bupati Rohil di Kantor Baznas Rohil di Jalan Pahlawan Bagansiapiapi.

Afrizal Sintong mengharapkan bantuan itu dapat membuka usaha sehingga penerima dapat membuka usaha, mandiri dan nantinya tidak mengharapkan bantuan lagi.

”Kita bantu lewat Baznas,saya berharap dapat menambah modal usaha, meningkatkan taraf hidup dan ekonomi penerima,” Ucap Afrizal Sintong.

”Warga Rohil masih banyak yang belum Meningkat  ekonominya, ke depannya pemerintah daerah akan membuat Perbup agar Baznas bisa mengumpulkan zakat ke seluruh perusahaan yang ada di Rohil, ” Tegas Bupati Rohil ini.

”Kita akan buat Perbup untuk ini,karena perusahaan tentu karyawanya membayar zakat juga,Baznas mengakomodir ke depannya target zakat mencapai 20 Miliar, ” Harap Afrizal Sintong.

Namun dari desas-desus informasi yang beredar baik di Baznas maupun di masyarakat berharap Bupati Rohil membenahi kinerja Baznas.

Mulai dari pengumpulan zakat,penyaluran kepada mustahiq hendaknya punya regulasi dan Bank Data agar tepat sasaran dan bukan berdasarkan lobby.

” Sampaikan kepada Bapak Bupati atau Wakil Bupati,tolong benahi menajemen,administrasi,buatkan Bank Data lalu umumkan ke publik siapa penerima zakat yang di salurkan Baznas tersebut, ” Pinta warga

Perlu Dewan Pengawas, Jika selama ini Baznas Rohil seakan-akan bekerja tidak ada yang melakukan pengontrolan maka sudah saatnya Bupati membentuk Banwas (Badan Pengawas) untuk mengawasi tahapan-tahapan hingga penyaluran zakat kepada penerima.

”Perlu ada Banwas mengawasi Komisioner Baznas termasuk staf Baznas, tujuannya transparansi penggunaan uang zakat dan umumkan ke publik, ” Sebut warga.

”Sejak sekian lama transparansi ini kurang, coba audit,termasuk pengadaan sembako bantuan Covid 19 Tahun 2020 lalu, ” Ucap sumber