Baksos dan Suling di Desa Sungai Tohor Barat Kabupaten Meranti

oleh -324 views

NSKNEWS.COM | Pekanbaru – Pejuang Subuh provinsi Riau bersama dengan Pejuang Subuh Siak, Pejuang Subuh Meranti dan GBMN (Gerakan Berbagi Membangun Negeri) bersama team RS Zainab mengadakan kolaborasi dan kerjasama dalam Bakti sosial, Pemeriksaan kesehatan gratis dan mengantarkan bantuan dari para donatur.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari tanggal 26-28 Maret 2021 semua relawan berkumpul di masjid Annur Provinsi Riau dan bersama-sama melakukan perjalanan darat ke pelabuhan Sungai Rawa kabupaten Siak pukul 08.30 WIB dan sampai di Sungai Rawa pukul 14.30 WIB siang hari, namun qodarullah Kapal yang disediakan oleh team Ustadz Fauzi dari Pejuang Subuh Keliling Meranti tidak bisa betangkat dikarenakan air yang surut, sehingga harus menunggu hingga pukul 17.00 air pun pasang dan kapal bisa berangkat, dan ternyata Allah sebaik-baik pemilik rencana. Kapal yang tadinya sudah dimuat dengan barang-barang ternyata tetap tidak bisa digunakan karena balting nya putus.



Karena kegiatan Tabligh Akbar di Sungai Tohor Barat harus tetap terlaksana, maka solusi pertama akhirnya team inti pengisi acara malam itu berangkat terlebih dahulu dengan menggunakan speedboat untuk menghandle acara isya yakni pukul 20.30 wib.

Sedangkan relawan yang lainnya, harus menunggu jemputan kapal baru, untuk berangkat sembari menarik kapal yang sudah diisi barang. Jemputan datang tepat pukul 20.30 dan pukul 23.00 di salah satu dermaga, pengemudi kapal mengatakan bahwa semua relawan harus berpindah kapal, karena kapal ini tidak bisa menuju Sungai Tohor Barat. Perpindahanpun berlangsung sembari menurunkan beberapa barang dan sembako untuk daerah ini.

Pukul 23.30 WIB hingga 04.30 WIB akhirnya relawan sampai di Sungai Tohor Barat dan disambut di rumah Kepala Desa untuk istirahat dan bersih-bersih sebelum melanjutkan perjalanan menuju NERLANG tempat tujuan baksos selanjutnya.

Pukul 08.00 relawan berangkat menuju NERLANG dan perjalanan luar biasa dimulai karena setelah meralat ke dermaga pukul 10.00 semua team dan relawan harus berjalan kaki membawa barang baksos dan bantuan selama 45 menit dan disambut dengan hujan lebat, meski demikian warga NERLANG tetap antusiaa untuk datang dan mengecek kesehatan mereka dan anak-anak bermanfaat serta diedukasi oleh team GBMN, setelah hujan reda dan 63 kk sudah diperiksa, dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis dan perjalanan dilanjutkan menuju Selat Panjang selama 3 jam perjalanan.

Pukul 16.30 kapalpun menepi dan semua team serta relawan beristirahat. Pukul 20.00 lanjutkan acara dengan Tablik Akbar di Selat Panjang Tepatnya di Pesantren Darun Fikri. Pagi harinya sebagian team melanjutkan Baksos dan penyerahan sembako ke desa SESAP yang berjarak 1 jam dari Selat Panjang untuk menutup segela rangkaian acara Baksos dan SULING di daerah MERANTI. Lalu pukul 14.00 semua team dan Relawan meninggalkan Selat Panjang kembali menuju pelabuhan Sungai Rawa, dan pukul 17.00 team pun kembali pulang dengan perjalanan darat ke kota Pekanbaru, rapat pukul 21.30 semua team sudah di Pekanbaru.

Pejuang Subuh Provinsi Riau, Sholat Subuh Seramai Sholat Jumat (*Uun)