Satukan Gerakan, Aktivis Kampus di Riau Bentuk IDE

oleh -276 views

NSKNEWS.com|Pekanbaru- Bertepatan dengan peringatan hari demokrasi internasional yaitu pada Selasa 15 September 2020, Sekumpulan pemuda yang pernah aktif menjadi aktivis kampus, berkumpul untuk menyatakan diri, menyatukan langkah dan menggabungkan diri kedalam sebuah wadah perkumpulan dengan nama Independent Democracy atau yang disingkat dengan IDE.
Momen deklarasi IDE ini terasa sangat istimewa. Walaupun ditengah kondisi negeri yang masih berupaya berjuang melawan Covid19, tetapi tidak melunturkan dan menghalangi semangat untuk berkontribusi terhadap negeri.

Adapun yang menjadi tujuan utama dibentuknya IDE ini adalah agar dapat secara efektif terlibat dalam proses membangun, mengawal dan menjalankan demokrasi di Provinsi Riau khususnya dan Negara Republik Indonesia pada Umumnya yang Partisipatif, Kontributif dan memberikan kemaslahatan bagi Rakyat.

Pada kesempatan deklarasi tersebut, Muhammmad Asnawir Nasution selaku Dewan Pengawas IDE menekan bahwa IDE ini muncul sebagai respon atas kondisi Demokrasi saat ini. IDE ini akan menjadi embrio baru perjuangan yang akan berpartisipasi dalam mengawal demokrasi terkhusus di Provinsi Riau.

Sementara Triandi Bimankalid selaku Direktur Utama IDE menyampaikan bahwa penting adanya suatu wadah independen dalam mengawal demokrasi. Dalam penyampaiannya, Triandi menyoroti kondisi demokrasi saat ini yang masih belum maksimal terutama dalam hal pendistribusian pendapat, permasalahan Pemilu dan Pilkada, serta kebijakan publik yang masih timpang. Oleh karena itu, IDE akan berkomitmen ikut andil dalam mengawal demokrasi. Adapun jargon dari IDE adalah “Mengawal Demokrasi, Membangun Negeri.
Pembentukan IDE ini menjadi harapan bersama agar tetap konsisten dalam mengawal demokrasi. Akan banyak pekerjaan rumah yang harus direspon dan di eksekusi oleh perkumpulan ini.

Susunan pengurus yang tergabung dalam perkumpulan IDE ini antara lain, Muhammad Asnawir Nasution sebagai Ketua Dewan Pengawas,Triandi Bimankalid sebagai Direktur Utama, Firman Edi sebagai Direktur Riset dan Kajian, Rafli Andifa Hasan koordinator Riset, Wahyu Andrie Septyo sebagai Direktur Hukum dan Advokasi, Alfikri koordinator Advokasi, Alfin Julian Nanda sebagai Direktur Komunikasi dan Informasi, Doni Saputra sebagai Koordinator Informasi serta Fajar Muhammmad Karani sebagai Direktur Administrasi dan keuangan.

Pada akhirnya, ucapan terima kasih kepada seluruh pengurus dan juga para rekan berfikir yang sudah berkenan mengikuti deklarasi ini melalui media sosial.

Salam Demokrasi !!!
Independent Demokrasi
“Mengawal Demokrasi, Membangun Negeri”

Editor : NSKNEWS.com
Dirilis Oleh: Alfikri lubis
Aktivis Independent Democracy (IDE)
Aktivis Kammi Aktivis Paham
Sumber Poto : Tim IDE