Letda Laut Salma Amalia Zakaria Layak Disebut Superwoman di TNI AL Artikel ini telah tayang di JPNN.com dengan judul “Letda Laut Salma Amalia Zakaria Layak Disebut Superwoman di TNI AL

oleh -205 views

JAKARTA – TNI AL melalui Akademi Angkatan Laut (AAL) kembali melahirkan sosok berprestasi. Tidak melulu dari kaum pria, tahun ini AAL melahirkan satu sosok superwoman dari kaum wanita. Letda Laut (S/W) Salma Amalia Zakaria merupakan salah satu lulusan Taruni AAL Angkatan ke-66 yang dilantik Presiden Joko Widodo pada Selasa, 13 Juli 2021.

Letda Laut (S/W) Salma yang akrab dipanggil Salma layak disebut superwoman karena segudang prestasinya di berbagai cabang olahraga, terutama cabang renang. Baca Juga: Dalami Navigasi Bahari, 104 Taruna AAL Praktik di KRI Ahmad Yani-351 MyPertamina, Aplikasi Yang Bikin Kamu Hemat Tiap Isi BBM! [PR] Tercatat 15 medali telah ditorehkan sepanjang karier pendidikannya di AAL, sepuluh di antaranya merupakan juara pertama. Kompetisi yang diikutinya pun bukan sembarang kompetisi.

Salah satu juara pertama yang diraihnya merupakan kompetisi International Nautical Competition yang dilaksanakan di Karachi, Pakistan pada 2020 silam. Selain itu, prestasi lain yang diperoleh oleh Letda Salma didapat pada kompetisi Pekan Olahraga TNI AL (Poral) tahun 2018 pada cabang renang gaya dada 100 meter dan renang estafet gaya bebas 4×100 meter.

Pada Pekan Integrasi dan Kejuangan Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian (Piktar) 2019 Letda Salma menyabet empat juara pertama sekaligus pada cabang renang gaya dada 100 meter, renang estafet gaya bebas 4×100 meter, renang gaya dada 50 meter, serta cabang military pentathlon.

Prestasi lain yang juga diraih oleh Letda Salma yaitu Bintang Trisakti Wiratama Perak, Dira Trengginas Emas dan Perak karena kesemaptaannya yang baik, serta Ati Tanggon Emas karena kepribadiannya yang baik, Ati Tanggap Perak dan Perunggu karena prestasinya yang baik. Letda Salma merupakan gadis kelahiran Bogor, 3 Januari 1999 adalah putri kedua dari tiga bersaudara pasangan (Alm) H. Zakaria bin H. Hasan dan Indah Setianingsih.

Gadis pehobi olahraga renang ini merupakan lulusan SMAN 48 Jakarta.(fri/jpnn)