Afrizal Sintong : Syarat Bisa Ikut Pengelolaan Blok Rokan, Status BUMD Akan Ditingkatkan Menjadi PT

oleh -200 views

Rohil – Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong optimis ke depan Negeri Seribu Kubah mengalami perkembangan yang pesat, tidak terlepas dari kenyataan banyak sumber daya alam yang bisa dikelola demi menghasilkan manfaat yang seluas-luasnya bagi masyarakat.

Penegasan itu disampaikan Afrizal pada saat berpidato dihadapan anggota DPRD Rohil di Gedung DPRD Rohil di Batu Enam, Bagansiapiapi, pada pada Kamis (10/6/2021) kemarin. “Banyak sumber daya alam yang ada di Rohil ini, baik perkebunan, kelautan hingga minyak,” katanya.

Mantan DPRD Rohil periode 2014 – 2019 ini menerangkan, bahwa keberadaan pengelola minyak Chevron telah 100 tahun beroperasi di Riau, dan ke depan pengelolaan itu akan dialihkan ke Pertamina. “Maka momen tersebut harus dapat dimanfaatkan dengan baik oleh daerah khususnya dalam hal ini daerah Rohil,” katanya.

Ini terangnya, tidak terlepas dari kenyataan bahwa sumur minyak terbanyak dari Blok Rokan adalah dari Rohil. “Karena itu kita jangan hanya menunggu saja, apalagi Dana Bagi Hasil (DBH) Migas yang terus mengalami penurunan, produksi migas menurun. Kita harus berjuang sama-sama, untuk itu BUMD yang masih berstatus Perusahaan Daerah (PD) akan kami tingkatkan menjadi PT,” paparnya.

Menurutnya, peningkatan itu sebagai bagian untuk memenuhi persyaratan layak dalam hal turut andil dalam pengelolaan Blok Rokan. Untuk mencapai hal itu terangnya maka harus ada dukungan semua pihak, saling bersinergi. Tidak boleh ada lagi keterlambatan dalam mengurus setiap dokumen persyaratan yang ditentukan. “Kita daerah juga bisa ikut mengelola, apalagi sumur migas yang ada sangat banyak. Sekitar 1400 lebih, dan Rohil merupakan penghasil terbesar di Blok Rokan,” tutupnya. (rilis)