Wawako Pekanbaru buka Sosialiasi Pembinaan Kamtibmas pencegahan, penanggulangan Pekat dan Narkoba ditaja Camat Sail

oleh -1.709 views

Nsknews.com-Pekanbaru, Dalam rangka meningkatkan keamanan, ketertiban masyarakat terutama dalam pencegahan serta penanggulangan penyakit masyarakat dan penyalahgunaan narkoba, Kecamatan Sail melakukan kegiatan sosialisasi pembinaan kepada masyarakat se-Kecamatan Sail yang dilaksanakan di Hotel Pangeran Pekanbaru, Selasa (7/12/21).

Kegiatan Sosialisasi Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan penyakit masyarakat serta penyalahgunaan narkoba ini di buka oleh Wakil Walikota Pekanbaru H.Ayat Cahyadi, S.Si dan di hadiri oleh Camat Sail, Lurah , LPM, Ketua RT RW, Kapolsek Sail, Danramil, serta masyarakat sail.

Selaku Panitia kegiatan, Camat Sail Fachruddin Panggabean melaporkan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan tugas pokok Camat untuk mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum yang diatur dalam Undang-undang nomor 23 tahun 2014  tentang Pemerintah Daerah diperkuat oleh Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 17 tahun 2018 tentang Kecamatan. Sedangkan di kota Pekanbaru diatur dalam Peraturan Daerah kota Pekanbaru nomor 7 tahun 2016 tentang Pembentukan dan susunan organisasi perangkat daerah kota Pekanbaru.

Peran Camat dalam atas upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum di kecamatan Sail sangat strategis demi menciptakan keamanan, ketertiban dan kenyamanan masyarakat. Selama ini koordinasi hanya sebatas rapat koordinasi sedangkan untuk tahap sosialisasi maupun penyuluhan di masyarakat belum berjalan dengan maksimal.

Salah satu permasalahan didalam masyarakat adalah penyalahgunaan narkoba mempunyai dimensi luas dan kompleks, baik dari sudut pandang medik, psikiatri, kesehatan jiwa maupun psikisosial. Penyalahgunaan narkoba ini merupakan fenomena sosial yang telah lama menjadi masalah sosial di masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kasus penyalahgunaan yang terjadi didalam masyarakat itu sendiri.

Camat Sail ini melanjutkan bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan inj adalah memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat khususnya masyarakat kecamatan Sail tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan dampak yang ditimbulkan hingga mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat umum. Sedangkan tujuan nya adalah agar masyarakat khususnya siswa-siswa mempersiapkan diri menjadi generasi yang berkualitas dengan menghindari markoba.

allowfullscreen>

Dalam sambutannya, Wakil Walikota H.Ayat Cahyadi, S.Si memberikan apresiasi luar biasa kepada Camat Sail atas kegiatan Forum Komunikasi Kecamatan yang telah dilakukan. Wawako juga berharap dengan kegiatan pembinaan kamtibmas terutama dalam pencegahan dan penanggulangan penyakit masyarakat dan juga penyalahgunaan narkoba ini dapat memberikan wawasan yang baik bagi masyarakat dan generasi muda untuk menjauhi narkoba.

Ayat Cahyadi juga berharap kegiatan ini dapat lebih menguatkan peran serta pemerintah dengan masyarakat sehingga peredaran narkoba dan juga penyakit masyarakat lainnya dapat diminimalisir bahkan dibersihkan dari masyarakat Sail.

Dari sosialisasi ini Wawako juga mengharapkan kepada masyarakat yang mengikutinya dapat mensosialisasikan nya kepada daerahnya masing-masing tentang bahaya narkoba dan juga penyakit masyarakat termasuk kepada para remaja yang rentan terhadap pengaruhnya ini.

Wawako yang akan berakhir masa jabatannya bulan mei 2021 mendatang juga mengharapkan apa yang telah dilakukan oleh Camat Sail ini juga dapat dilaksanakan oleh semua kecamatan yang ada di kota Pekanbaru. Adi Kampai.