Wali Kota Bersama Dandim 0301/PBR beserta Forkompimda Monitoring Pelaksanaan PPKM

oleh -206 views

Pekanbaru – Komandan Kodim (Dandim 0301/PBR Kolonel Inf Edi Budiman, S.I.P, M.I.P bersama Wali Kota Pekanbaru Dr. Firdaus MT dan jajaran forkompimda Melaksanakan Monitoring, Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan Penertiban Protokol Kesehatan Selama Bulan Ramadhan.

Kegiatan peninjauan tersebut dilakukan pada Jum’at (23/04/21) Malam dengan mengunjungi posko-posko PPKM di dua Kelurahan yaitu posko PPKM di Kelurahan Limbungan Baru Jalan Nila Kecamatan Rumbai dan Kelurahan Sri Meranti Jalan Kartika Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru.

Sebelumnya, rombongan forkompimda kota Pekanbaru juga melakukan pengecekan lokasi PPKM lainnya di Jalan Sepakat RW. 09 Kelurahan Limbungan Baru Kecamatan Rumbai dan Jalan Kartika Indah RW. 08 Kelurahan Sri Meranti Kecamatan Rumbai.

Saat berada di Posko PPKM, Wali Kota Pekanbaru Firdaus mengatakan bahwa kegiatan PPKM dapat berjalan dengan maksimal apabila didukung penuh oleh semua unsur masyarakat dan pemerintahan begitu juga dari TNI/Polri beserta jajarannya.

“Kita berharap semua elemen dapat bersinergi untuk menekan angka penyebaran wabah Covid-19 diwilayah masing-masing dan bersama-sama untuk saling mengingatkan satu sama lain dimulai dari diri sendiri, keluarga serta lingkungan ditempat kita tinggal,” ujar Wali Kota Pekanbaru.

Wali Kota juga menjelaskan pengecekan ke posko-posko PPKM Skala Mikro tersebut, bertujuan untuk melihat secara langsung langkah dan tahapan apa yang telah diambil dalam penanggulangan penyebaran wabah Covid-19.

“Tentunya disini kita lihat dan tanyakan langsung kepada tingkat pemerintahan di lini paling bawah yakni ketua RT dan RW, bagaimana mereka sosialisasi, edukasi dan penegakkan disiplin protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah salah satunya memakai masker,” imbuh Wali Kota.

“Peran Babinsa, Bhabinkamtibmas, aparatur Pemerintah dan masyarakat sangat penting untuk keberhasilan PPKM Skala Mikro yang telah berjalan saat ini seperti pelaksanaan 3T yaitu Testing (pemeriksaan dini), Tracing (pelacakan), dan Treatment sehingga semuanya dapat terpantau,” tambahnya.

Maka demikian, Melalui posko PPKM skala Mikro diharapkan sekali dapat difungsikan untuk mensinergikan semua komponen masyarakat agar angka penyebaran Covid-19 dapat segera direduksi melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat himbauan dan pendisiplinan publik.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengecekan penerapan protokol kesehatan di Jalan H.R Subrantas dan Jalan Arifin Ahmad, serta malakukan patroli, penertiban dan himbauan terhadap tempat-tempat usaha yang tidak mematuhi Protokol Kesehatan sebagaimana yang diatur dalam Intruksi Walikota Pekanbaru No. 003.2/DPMPTSP/609/2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan selama Bulan Suci Ramadhan 1442 H/2021 M, diseputaran Kecamatan Bina Widya (Jalan Soebrantas, Jalan Delima, Jalan Lobak, Jalan Soekarno Hatta) dan Kecamatan Marpoyan Damai (Jalan Arifin Ahmad).

Adapun aplikasi dari Instruksi Wali Kota Pekanbaru tersebut yaitu memberikan himbauan kepada pemilik usaha makanan dan minuman agar selalu mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19, mengenai dengan mulai pukul 21.00 WIB ke atas hanya boleh melayani pembeli dengan cara Take Away serta tidak melayani/menolak setiap pengunjung yang datang tidak menggunakan masker.

Sementara itu usai kegiatan, Dandim 0301/PBR Kolonel Inf Edi Budiman, S.I.P.,M.I.P mengatakan sangat mendukung kebijakan pemerintah dalam menjalankan PPKM berbasis Mikro sebagai sistem kontrol pengawasan Testing, Tracing, dan Treatment.

“Hingga saat ini wabah virus Covid-19 masih ada, untuk itu kita berharap tetap waspada dan jangan lengah, tetap menjaga protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” pesan Dandim 0301/PBR

Hadir juga dalam kesempatan tersebut Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu’min Wijaya SIK, MH, Sekda Pekanbaru H.M. Jamil, M.Ag, M.Si, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekda Kota Pekanbaru Drs. Azwan, M.Si, Kasat Pol PP Kota Pekanbaru Iwan Simatupang, Kalaksa BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra, Kadis Kesehatan Kota Pekanbaru M. Noer, Kadis Perhubungan Kota Pekanbaru Yuliarso, Camat Marpoyan Damai Junaedy S.Sos., M.Si, Camat Rumbai Syamsudin, S.Sos, Wadan Ramil 01/ Rumbai Kapten Inf Legimun, Pasi Ops Kodim 0301/PBR Kapten Arh Nirzam S.Sos, Kapolsek Rumbai Pesisir Kompol Meitertika SH, MH, Lurah Limbungan Baru Dasriati S.Sos, Lurah Umban Sari Asparida S.Sos, dan Lurah Sri Meranti Wendi Yuliandi S.STP. *(mrz)