Tiga Camat Diwilayah Rumbai Komit Menekan Penyebaran Covid-19 Dan Menyelesaikan Banjir

oleh -198 views

Pekanbaru – Kegiatan serah terima jabatan (sertijab) Camat Rumbai, Camat Rumbai Timur, dan Camat Rumbai Barat telah dilaksanakan pada Senin (03/05/21) di Aula Kantor Kecamatan Rumbai.

Dalam hal ini, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda kota Pekanbaru Drs. Aswan M.Si menyebutkan pergantian jabatan yang terbilang cepat ini merupakan suatu upaya pemerintah kota Pekanbaru dalam memberikan pelayanan masyarakat sekaligus menjawab permasalahan yang ada, diantaranya penanganan penyebaran wabah Covid-19 dan penanggulangan bencana banjir disetiap wilayah yang melanda kota Pekanbaru.

“Saya minta untuk menekan angka penyebaran wabah Covid-19 setiap kecamatan, kelurahan hingga RT dan RW harus ada posko-posko PPKM yang nantinya akan dievaluasi dengan puskesmas setempat. Hal ini sebagai bahan identifikasi oleh pihak puskesmas dalam melakukan pembagian zonasi wilayah yang terpapar Covid-19,” urai Aswan.

“Dan untuk penanganan penyebaran wabah Covid-19 akan kita lakukan beberapa strategi berupa spanduk himbauan kepada masyarakat. Dan saya minta kepada semua camat serta lurah agar dapat menjaga lingkungan kantor lebih nyaman, bersih dan nyaman,” tutup Aswan.

Sementara itu, Vemy Herliza S.STP selaku Camat Rumbai mengatakan jabatan yang diterimanya merupakan amanah dan berkomitmen membangun lingkungan dalam melayani masyarakat.

“Tentunya upaya ini dapat dilakukan dengan sinergitas kepada seluruh stakeholder, lintas sektoral, dan masyarakat di kecamatan Rumbai,” sebut Vemy.

Terkait penanganan penyebaran wabah Covid-19 diwilayah Kecamatan Rumbai, vemy menyebutkan usai kegiatan sertijab ini akan langsung bergerak dengan berkoordinasi dengan tim gugus tugas secepatnya.

“Kita akan segera melakukan pertemuan, mengingat zona di kecamatan Rumbai saat ini merah, maka akan dilakukan acuan pembatasan bagi warga yang keluar masuk diwilayah ini, serta kebijakan larangan mudik yang akan kita bicarakan nantinya,” ujar Vemy.

Adapun permasalahan banjir, menurut Camat Vemy di Kecamatan Rumbai terdapat di tiga kelurahan yakni wilayah palas, meranti pandak, dan sri meranti.

“Banjir saat ini memang kondisi cuaca yang sangat ekstrem dan mengakibatkan air sungai meluap, namun untuk diwilayah Sri Meranti ada kendala mesin pompa air yang tidak bekerja optimal karena sudah empat tahun digunakan dan akan kita perbaiki dengan segera,” sebut camat Vemy.

Sedangkan diwilayah Rumbai Timur permasalahan banjir tidak banyak, hal ini diutarakan oleh Camat Syamsuddin ketika selesai kegiatan.

“Untuk kawasan banjir di kecamatan Rumbai Timur hanya satu kelurahan yakni Limbungan tepatnya di RW. 09 dan RW. 01 jalan belakang pertanian dan teluk leok,” ujar Camat Syamsuddin seraya mengatakan terdapat 30 KK yang terdampak banjir.

Selama banjir, Camat Syamsuddin mengatakan bahwasanya telah menyalurkan beberapa bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak banjir dan juga membuka dapur umum.

“alhamdulillah dari 30 KK sudah diberikan beberapa layanan kesehatan juga, agar nantinya dapat terhindar dari wabah penyakit. Dan stok makanan lebih dari cukup,” ujar Camat Syamsuddin.

Sementara untuk penyebaran wabah Covid-19 di Kecamatan Rumbai Timur, Camat Syamsuddin mengatakan terdapat dua wilayah berzona orange yakni Limbungan dan Lembah Sari.

“Ada beberapa orang yang positif Covid-19 di dua kelurahan tersebut, namun saat ini sudah melakukan isolasi mandiri. Kita berharap nantinya angka penyebaran dapat berkurang,” urai camat seraya mengatakan untuk kelurahan okura zona hijau dan kelurahan sungai ambang zona kuning.

Sementara itu, Jasrul M.Pd yang saat ini ditunjuk sebagai Camat Rumbai Barat akan melakukan konsep pelayanan bagi masyarakat sebaik mungkin.

“Alhamdulillah sangat berterimakasih kepada Walikota Pekanbaru yang mengamanahkan sebagai Camat Rumbai Barat. Kita akan mendukung program pembangunan pemerintah kota Pekanbaru, karena diwilayah tersebut terdapat jalan lingkar 70,” ujar Jasrul.

“Kita akan berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat yang terkena ganti rugi akibat pembangunan jalan lingkar 70 tersebut. Sehingga ini dapat terselesaikan dengan baik,” tutup Jasrul sembari menyebutkan diwilayah Rumbai Barat aman dari banjir dan penyebaran wabah Covid-19 berada di zona hijau. *(mrz)