Terima Sapi Qurban, Camat Senapelan Sampaikan Pesan Dari Wali Kota Pekanbaru

oleh -242 views

Pekanbaru – Wali Kota Pekanbaru Dr. Firdaus ST, MT melakukan penyerahan sapi qurban kepada Masjid Al-Wasliyah tepatnya kediaman dinasnya di Kecamatan Senapelan pada Minggu (18/07/21) malam.

Hal ini dibenarkan langsung oleh Camat Senapelan Norpendike Prakasa S.STP, M.Si diruang kerjanya bahwasanya telah menerima langsung sapi peranakan jenis limosin dengan bobot seberat 500 kg.

“Hewan qurban dari Pak Wali Kota beserta keluarga telah kami terima, nantinya sapi yang berbobot setengah ton tersebut akan diberikan oleh warga di Kelurahan Sago tepatnya di Masjid Al-Washliyah,” sebut Ilham Pengurus Masjid.

“Saya selaku Camat Senapelan mewakili warga di Kelurahan Sago berterima kasih atas perhatian dari Bapak Wali Kota beserta keluarga, kami do’akan niat baik dari Bapak sekeluarga dibalas oleh Allah SWT,” tambah Camat seraya mengharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Sementara itu, untuk pedoman pelaksanaan hari raya Idul Adha 1442 H/2021 M, Camat Senapelan menghimbau kepada masyarakat khususnya pengurus Masjid agar dapat mengacu kepada Surat Edaran Walikota Pekanbaru No. 003.2/SE/1015/2021.

“Dalam Surat Edaran ini diatur tentang beberapa pedoman yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan rangkaian kegiatan hari raya Idul Adha 1442 H/2021 M di tengah upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19,” ujar Camat.

Ia juga menyebutkan bahwasanya ketentuan di dalam Surat Edaran tersebut mengatur tentang pelaksanaan takbiran, pelaksanaan sholat Idul Adha, dan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban.

“Untuk takbiran dianjurkan di dalam Masjid dan Mushalla, tidak dibolehkan untuk berkeliling. Pada pelaksanaan sholat Idul Adha kita sudah menyampaikan himbauan kepada Masjid maupun Mushalla yang wilayah zona merah dan orange tidak diizinkan melakukan sholat di lapangan terbuka, Masjid dan Mushalla. Dan untuk zona kuning dan hijau boleh menjalankan ibadah sholat Idul Adha di dalam masjid dan Mushalla, tetapi tetap disarankan di rumah,” ujar Camat.

Adapun terkait pendistribusian daging qurban, Camat Norpendike menghimbau dan mengharapkan kepada panitia kurban agar dibagikan kepada masyarakat ke rumah atau tempat tinggalnya masing-masing.

“Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kontak fisik antara satu dengan lainnya. Kami berharap pandemi Covid-19 di Provinsi Riau khususnya di kota Pekanbaru dapat pulih kembali dan aktivitas bisa berjalan lancar,” tutupnya. *(mrz)