Tekan Penyebaran Covid-19, Kecamatan Binawidya Gelar Pelaksanaan Vaksinasi Hingga Aplikasi Lapor RT/RW

oleh -133 views

Pekanbaru – Untuk menekan angka penyebaran wabah virus pemerintah telah melakukan upaya, salah satunya yakni pelaksanaan pemberian vaksinasi kepada masyarakat.

Dalam hal ini, pemerintah Kecamatan Binawidya bekerja sama dengan Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan kota Pekanbaru pada Senin (12/07/21) Pagi telah menyiapkan 2 (dua) unit armada bus vaksinasi keliling yang akan melayani masyarakat.

Bertempat di halaman kantor Kecamatan Binawidya, terlihat antusias masyarakat yang ingin mendapatkan vaksinasi tahap I maupun tahap II yang mana diketahui menurut petugas bahwa pemberian vaksin diperuntukkan bagi usia 18 tahun keatas.

Masih dalam kegiatan vaksinasi tersebut, Camat Binawidya Edi Suherman S.Sos, M.Si menghimbau kepada semua masyarakat agar dapat ikut serta membantu pemerintah dalam menekan dan memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19.

“Kami berharap kepada masyarakat untuk bisa saling bekerja sama dalam menekan perkembangan wabah Covid-19 dengan menyukseskan program vaksinasi yang sudah dicanangkan oleh pemerintah. Kita pastikan vaksin Covid-19 aman, halal dan berkualitas,” ujar Camat Edi.

Selain itu, Camat Edi juga menjelaskan upaya memberikan vaksinasi kepada seluruh masyarakat bertujuan untuk mencapai herd immunity (kekebalan kelompok) dari ancaman virus corona yang sampai saat ini masih melanda sebagian besar wilayah Indonesia.

“Dengan melihat situasi tingkat perkembangan penyebaran wabah Covid-19 yang cukup tinggi, maka melalui pelaksanaan vaksinasi kita berharap sebagian besar masyarakat kebal terhadap penyakit menular tertentu, sehingga memberikan perlindungan tidak langsung atau kekebalan kelompok bagi yang rentan terhadap penyakit tersebut,” Harap Camat Edi.

Untuk diketahui, sebanyak 20 vial atau 200 vaksin yang nantinya akan diberikan oleh masyarakat, hingga menjelang istirahat siang pemberian telah mencapai kurang lebih 140 vaksin.

Untuk jumlah data masyarakat dilingkungan wilayah kecamatan Binawidya yang telah mendapatkan vaksin, Camat Edi menyebutkan bahwa masih dalam tahap penginputan oleh pihak Puskesmas.

“Kami nanti akan bekerjasama dengan puskesmas yang berada diwilayah kecamatan Binawidya yakni puskesmas Sidomulyo Rawat inap dan puskesmas simpang baru untuk menghimpun data masyarakat yang sudah maupun yang belum di vaksin,” jelas Camat.

Adapun menurutnya selain data dari puskesmas, pemerintah kota Pekanbaru juga telah menyiapkan aplikasi lapor RT/RW untuk mengetahui jumlah penyebaran/masyarakat yang terinfeksi, serta jumlah masyarakat yang sudah atau belum divaksin.

“Sesuai harapan dari Pak Wali kota, bahwa seluruh elemen Pemerintah Kecamatan hingga tingkat RT/RW untuk lebih aktif dalam membantu penanganan Covid-19, khususnya dalam hal pendataan dan pemantauan. Maka melalui aplikasi lapor RT/RW ini, kita sebagai Camat dalam waktu dekat akan melakukan sosialisasi ke setiap kelurahan, sehingga tujuan pemerintah untuk mendukung program vaksinasi dapat terwujud,” tutup Camat Binawidya. *(mrz)