SMKN 1 Sutera Pesisir Selatan Segera Berstatus Blud

oleh -35 views

Pesisir Selatan — Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) bakal segera menyandang status Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Kepala Sekolah SMKN 1 Sutera, Lili Suryati mengungkapkan, hingga saat ini perencanaan BLUD yang telah disusun oleh tim terkait sudah mencapai 90 persen.

“Presentasi yang telah dibuat telah dikirim ke Dinas Pendidikan Provinsi dan kami masih diberi kesempatan untuk menyempurnakannya jika masih ada jenis layanan yang perlu dimasukkan. Rasanya sudah cukup,” ujarnya pada Padangkita.com, Selasa (13/9/2022).

Diketahui, SMKN 1 Sutera memang dipersiapkan sebagai salah satu SMKN berstatus BLUD di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar). Hal ini semakin dikuatkan dengan adanya dukungan penuh dari dari Dinas Pendidikan, Provinsi Sumbar.

Kata Lili, berdasarkan Permendagri No.79 tahun 2018, BLUD merupakan sistem yang diterapkan oleh unit pelaksana teknis dinas atau badan daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, yang memiliki fleksibilitas dalam pola pengelolaan keuangan sebagai pengecualian dari ketentuan pengelolaan daerah pada umumnya.

Salah satu pelayanan publik yang dapat menjadi BLUD yaitu pelayanan pendidikan. Untuk itu, SMKN 1 Sutera coba kita ajukan sebagai pelaksana BLUD dan akan melaksanakan kegiatan yang didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas,” ujarnya lagi.

Selain itu, ungkap, Lili, SMKN 1 Sutera merupakan satu dari tiga SMKN di Pessel yang dipersiapkan pemerintah menjadi SMK BLUD.

Diketahui, SMK BLUD merupakan SMK yang sudah memiliki teaching factory atau pabrik produksi di dalam sekolah. Saat ini untuk menuju BLUD, SMKN 1 Sutera sudah memiliki empat jurusan yang siap memproduksi dan memasarkan karyanya.

“Ya empat itu otomotif mobil, pengelasan, elektronika dalam pemasangan CCTV dan elektro dalam pemasangan instalasi listrik,” ungkapnya.

Selain fasilitas dan sarananya, SMKN 1 Sutera juga sudah memiliki para kejuruan yang handal dan bersertifikasi di bidangnya masing-masing.

Menurut Lili dengan SDM dan fasilitas yang dimiliki, saat ini SMKN 1 Sutera sudah siap menjadi BLUD. Apalagi saat ini sudah memiliki laboratorium otomotif dengan berstandar industri.

“Ya termasuk tenaga guru kita, dari 38 guru kejuruan kita, 34 sudah bersertifikasi asesor,” terangnya.

Selanjutnya, selain fasilitas dan tenaga guru, SMKN 1 Sutera juga menyiapkan siswa yang berkemampuan.

“Diantaranya berkompetensi sesuai dengan kejuruannya mereka. Karena fasilitas kita sudah lengkap,” tutupnya.