Serda Ronal Yubahri Memberikan Pendampingan Pengolahan Ikan Rinauk

oleh -1.545 views

Agam, nsknews.com – Danau Maninjau yang terletak di kecamatan Tanjung Raya Koramil 05/Tj.Raya Kodim 0304/Agam, disamping terkenal dengan keindahan dan keramahan dari penduduknya masih banyak lagi hal-hal yang menarik dan unik yang terdapat diwilayah ini.

Salah satu yang menarik dari segi kuliner terkenal adalah usaha Ikan Rinuak yang merupakan ikan khas Danau Maninjau yang berbentuk kecil bening yg berukuran sebesar lidi dan panjang 1-2 cm yang tidak terdapat di wilayah lain.

Pada kesempatan tersebut di hari Minggu (12/12/21) kemarin Babinsa Koramil 05/Tj.Raya Serda Ronal Yubahri membangkitkan semangat kepada masyarakat pelaku usaha Ikan Rinuak di Jorong Lubuk Kandang Nagari Bayur Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam.

Pendampingan kepada masyarakat pelaku usaha atas nama Ibu Ema tersebut, Serda Ronal Yubahri juga memberikan motivasi dalam pengolahan ikan rinuak, karena menurutnya banyak yang dapat di olah dari ikan rinuak tersebut seperti Palai Rinuak, Peyek Rinuak, Goreng Rinuak, Gulai Rinuak dan juga bisa dibuat kerupuk rinuak.

Adapun menurut Ibu Ema, cara pengolahannya sangat sederhana sekali yakni dengan hasil tangkapan rinuak tadi dijemur dengan cetakan yang berbentuk lingkaran dengan diameter 3-4 cm.

“Kemudian setelah kering rinuak tersebut sudah bisa digoreng dan menjadi kerupuk rinuak. Rasanya sangat nikmat dan gurih yang menjadi incaran para pengunjung wisatawan,” jelas Ibu Ema.

Serda Ronald Yubahri juga menjelaskan kegiatan pendampingan dan penyuluhan dilakukan untuk mendorong para pelaku usaha agar lebih meningkatkan dan mengembangkan lagi usaha yang dimiliki khususnya makanan khas Danau Maninjau, membuat dan menimbulkan inovatif dan kreatifitas yang baru guna menarik daya minat Pembeli.

allowfullscreen>

“Dengan Harapan adanya kegiatan penyuluhan dan pendampingan ini dapat menjadikan semangat dan bekal bagi para pelaku usaha kecil dan menengah untuk mengembangkan usahanya sehingga bisa menambah pendapatan nilai ekonomi bagi keluarga dan masyarakat di sekitarnya,” jelasnya. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.