Senam Jasmani Kemenkumham, Usaha Tingkatkan Imunitas Di Masa Pandemi

oleh -122 views

Pekanbaru – Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sangat penting bagi kita terlebih bagi ASN yang mempunyai tanggungjawab dalam melayani masyarakat.

Sebagai upaya meningkatkan imunitas tubuh terlebih dalam masa pandemi Covid-19, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Senam Jasmani Kumham 2021 yang dilaksanakan dan diikuti secara virtual oleh seluruh kanwil dan UPT se-Indonesia, Jum’at pagi (13/8).

Bentuk pelatihan Pembinaan Senam Jasmani Kumham 2021 terdiri dari senam pernafasan dengan konsep Bio Energy Power (BEP) dan konsultasi kesehatan secara online.

Sebelum pelaksanaan kegiatan, Sekretaris Jenderal Kemenkumham Andap Budhi Revianto, terlebih dahulu memberikan arahan.

Andap menyampaikan pesan bahwa pentingnya seluruh jajaran dalam menjaga kesehaan tubuh, apalagi dalam pelaksanaan sistem Work From Home (WFH) dimana kebanyakan ASN menganggapnya sebagai hari libur dan bermalas-malasan.

“Kesehatan bukan segalanya, tapi tanpa kesehatan segalanya tidak akan berarti. Kita harus sehat, karena kita masih dibutuhkan oleh keluarga dan juga masih dibutuhkan kementerian ini,” kata mantan Kapolda Kepulauan Riau ini menyemangati.

Instruktur dari BEP yang memimpin gerakan senam langsung dari Malang mulai mengajarkan teknik-teknik senam pernafasan.

allowfullscreen>

Senam pernafasan terdiri dari jurus atau gerakan yang dimaksudkan sebagai stressing atau penekanan dalam upaya memposisikan energi pada tempat-tempat tertentu ditubuh kita.

Para Pimpinan Tinggi (Pimti) Pratama Kanwil Kemenkumham Riau tampak serius mengikuti gerakan tersebut melalui layar monitor yang disediakan di teras lobby kantor.

Dari mulai menarik nafas, lalu menahannya beberapa saat, dan kemudian melepaskannya dengan interval tertentu.

Semua dilakukan dengan perasaan senang dan bahagia sembari diiringi candaan sesama pimti yang hadir.

Kegiatan pembinaan senam jasmani ini diakhiri dengan konsultasi kesehatan secara online bersama dokter yang bertugas di Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) Kemenkumham.

Pertanyaan dan konsultasi terkait penanganan serta perawatan mulai dari pencegahan dari Covid-19, cara penanganan ketika terpapar, serta perawatan setelah sembuh dari Covid dibahas secara terperinci.

Balkesmas juga menyiapkan sarana komunikasi melalui meia sosial sebagai wadah konsultasi kepada seluruh ASN Kemenkumham.

Pembinaan Senam Jasmani Kumham 2021 ini akan rutin dilaksanakan setiap hari Rabu dan Jum’at. (*)