Sayembara RUD Mencari Peneliti Handal, Masykur : Gagasan Pelaku Riset Penting Bagi Pembangunan Kota

oleh -127 views

Pekanbaru – Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kota Pekanbaru telah melaksanakan Sayembara Riset Unggulan Daerah (RUD) yang saat ini memasuki tahapan akhir.

Setelah membuka pendaftaran bagi para calon peserta dengan total sebanyak 122 orang, maka BPP kota Pekanbaru pada hari Kamis (03/06/21) besok akan melakukan pengumuman seleksi administrasi kepada para calon peserta yang mana nantinya 2 (dua) hasil riset terbaik akan diberi hadiah masing-masing senilai Rp 50 juta.

Untuk diketahui, dalam pelaksanaan sayembara Riset Unggulan Daerah tersebut akan mengangkat dua tema yakni tentang pengelolaan sampah dan strategi penanganan banjir.

Dalam hal ini, Kepala BPP Pekanbaru Masykur Tarmizi S.STP, M.Si menyebutkan bahwasanya tujuan dilaksanakannya sayembara RUD tersebut untuk menjaring ide-ide dan inovasi dari para peneliti yang ada di Pekanbaru, guna merumuskan pengentasan persoalan di masyarakat secara umum.

Karena menurutnya, pembangunan sebuah kota tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah saja, tapi juga masyarakat pada umumnya.

“Saya berkeyakinan, ada banyak inovasi dan ide-ide atau gagasan dari masyarakat bisa memberi solusi pada persoalan yang terjadi. Untuk itulah, RUD ini ada dan pemerintah menjadi fasilitatornya. Jadi bisa dikatakan dari kita untuk kita kembali,” terang Masykur pada Rabu (02/06/21).

Sementara itu, dari 122 peserta yang mendaftar, terdapat 74 peserta yang memilih tema Pengelolaan Persampahan, dan 27 peserta lainnya memilih tema Strategi Penanganan Banjir serta 21 peserta memilih keduanya.

Namun demikian, yang masuk ke tahap seleksi administrasi terdapat 35 peserta pada tema Pengelolaan Persampahan dan 12 peserta tema Strategi Penanganan Banjir.

Untuk tim juri independen, panitia mengandeng Boyke Rudy Purnomo SE MM PhD CFP, DR Ni Nyoman Nepi Marleni ST MSc PhD, DR Mohammad Pramono Hadi MSc.

“Selain dari tim juri tersebut kita juga melibatkan tim teknis yang terdiri dari beberapa perangkat daerah, yang terkait dengan tema RUD kali ini diantaranya Dinas PUPR dan DLHK Kota Pekanbaru,” sebut Masykur.

“Harapan kami tentu akan banyak periset di Kota Pekanbaru ini memberikan gagasan, inovasi dan lainnya untuk pembangunan atau kebijakan publik kedepannya. Tapi diluar dari sayembara ini, BPP siap menerima masukan atau gagasan dari pelaku riset baik dari Pekanbaru atau luar jika itu untuk kebaikan pembangunan kota kedepannya. Pintu kantor kami di Komplek Perkantoran Tenayan Raya selalu terbuka,” tambahnya.

Dalam perhelatan sayembara RUD tersebut, BPP membuka pendaftaran mulai dari tanggal 21 april hingga 28 mei 2021 lalu yang dilanjutkan dengan seleksi administrasi 29 mei – 01 juni 2021.

Pengumuman seleksi administrasi bakal dihelat pada 3 juni 2021, dan dilanjutkan dengan seleksi substansi tanggal 4 – 14 juni 2021.

Pengumuman hasil seleksi administrasi ini akan diumumkan pada hari kamis tanggal 3 juni 2021 dan dapat diunduh di tautan bit.ly/pengumumanRUD21.

Untuk pengumuman nominasi pemenang akan dilakukan pada 18 juni 2021. Pemenang disampaikan pada 5 juli 2021 dan tahap pelaksanaan penelitian dimulai 6 juli hingga 27 oktober 2021. *(mrz)