Satgas TMMD Serius Mengikuti Sosialisasi Tentang Program BPJS

oleh -115 views

Agam – Satgas TMMD Ke 112 Kodim 0304/Agam melaksanakan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan dalam rangka TMMD Ke 112 Kodim Tahun 2021 yang bertempat di gedung SMPN 5 Jorong Siguhung, Nagari Lubuk basung, Kabupaten Agam pada Selasa (21/9/2021).

Dalam penyampaian Pasiter Kodim 0304/Agam, Kapten lnf Khairul Muhammad mengajak para peserta sosialisasi BPJS ketenagakerjaan agar bisa mengikuti kegiatan ini dengan serius, jangan hanya datang dan hadir saja.

Sementara itu, Bapak Tri Suherman, S.P.M.Si Ar Printis Kabupaten Agam menjelaskan bahwasanya tujuan diadakannya Sosialisasi ini untuk menyampaikan amanah UU No.40 Tahun 2004 tentang Sistem Jamiman Sosial Nasional dan UU No.24 Tahun 2011 dan memberi pengetahuan serta pemahaman tentang pentingnya dan manfaat BPJS ketenagakerjaan.

Menurutnya, Program bagi penerima Upah di BPJS ketenagakerjaan terdapat 4 (empat) Program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JJK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

Dan ia juga menyebutkan bahwa Kecelakaan Kerja adalah kecelakaan yang terjadi dalam hubungan kerja termasuk kecelakaan terjadi dalam perjalanan dari rumah ke tempat kerja atau sebaliknya dan penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja.

Sedangkan JKM adalah peserta yang meninggal dunia bukan akibat kecelakaan kerja, dimaksudkan untuk meringankan beban keluarga baik dalam bentuk biaya pemakaman atau santunan berupa uang.
Cara pendaftaran melalui kolektif ke masing-masing pengurus di instansi tersebut.

Dalam paparannya, Tri Suherman, S.P.M.Si Ar Perintis Kabupaten Agam juga menyampaikan bahwa penerima upah setidaknya dapat mengikuti dua program wajib yaitu JKK dan JKM agar terlindungi dalam keselamatan kerja terutama bagi pekerja lapangan yang memiliki resiko kerja yang lebih besar.

“Sampai saat ini Pemerintah Kota Banjarmasin baru bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sehingga sementara kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan menggunakan iuran mandiri,” ujar Tri Suherman.

“Dengan harapan kedepan program manfa’at BPJS ketenagakerjaan dapat terserap kepada masyarakat dan banyak masyarakat yang ikut BPJS dan banyak sudah terlindungi dan itu suatu kewajiban dilindungi Negara untuk melindungi tenaga kerja di Indonesia,” imbuhnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Pasiter Kodim 0304/Agam Kapten lnf Khairul Muhammad, Kasi Pelayanan ketenagakerjaan Wahendra W, Valerie Christie faisal, Babinsa Jorong Siguhung Serma Yuplikhal, dan Masyarakat Jorong Siguhung. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.