Reses Di Dua Tempat Kelurahan Kampung Baru, Ginda Burnama Terima Aspirasi Warga

oleh -199 views

Pekanbaru – Wakil Ketua DPRD kota Pekanbaru dari fraksi Partai Gerindra Ginda Burnama ST pada Sabtu (28/08/21) Petang melakukan komunikasi dua arah atau reses antara legislatif dengan konstituen yang dalam hal ini yaitu masyarakat.

Untuk reses kali ini, Wakil Rakyat dari Dapil VI Kecamatan Senapelan dan Payung Sekaki dilaksanakan pada dua titik lokasi yakni diwilayah lingkungan RT. 01 RW. 05 dan RT. 01 RW. 04 Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Senapelan.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Camat Senapelan Norpendike Prakasa S.STP M.Si, Lurah Kampung Baru Yeni Erita S.Sos, seluruh Ketua RT/RW dan puluhan warga yang mayoritas sebagian besar dari ibu-ibu.

Selaku tuan rumah, Lurah Kampung Baru Yeni Erita S.Sos mengucapkan apresiasinya kepada wakil ketua DPRD kota Pekanbaru Ginda Burnama yang telah menyempatkan diri menyambangi warga untuk mendengar berbagai aspirasi-aspirasi.

“Kehadiran Pak Ginda ini tentunya sangat membawa berkah bagi kita semua, mudah-mudahan aspirasi yang kita sampaikan dapat terealisasikan,” sebut Lurah Yeni.

Untuk perkembangan di Kelurahan Kampung Baru, Lurah Yeni juga menyampaikan bahwa memiliki satu keunggulan dibidang keamanan, ketertiban, dan keselamatan dalam berkendaraan atau yang lebih dikenal dengan Kawasan Tertib Lalulintas (KTL) di ruas Jalan Jati.

“Alhamdulillah Kelurahan Kampung Baru diberikan kepercayaan menjadi salah satu tempat percontohan kawasan tertib lalulintas di kota Pekanbaru yang dinilai secara langsung oleh Korlantas Mabes Polri,” jelas Lurah Kampung Baru.

Sehingga lambat laun menurut Lurah Yeni penerapan kawasan tertib lalulintas dilingkungan mendapatkan dukungan dari warga setempat, mengingat tingginya angka kecelakaan kendaraan bermotor.

“Dengan adanya dukungan dari warga kami dari pemerintah Kelurahan akan mengukir suatu kenangan bersejarah atas ditunjuknya Kampung Baru sebagai kawasan tertib lalulintas dengan membangun gapura yang permanen sehingga ketahanan struktur bangunan akan tetap terjaga,” tutur Lurah Yeni.

Pada kesempatan tersebut, Camat Senapelan Norpendike Prakasa S.STP M.Si menyatakan dengan kegiatan reses ini akan dapat menambah semangat rasa persaudaraan dan kekeluargaan antara anggota legislatif dengan masyarakat dalam mewujudkan pembangunan yang merata diseluruh wilayah kota Pekanbaru khususnya di Kecamatan Senapelan.

“Tentunya melalui aspirasi yang akan kita sampaikan nanti dapat membawa perubahan dan kebaikan bagi kita semua. Selain itu, kami atas nama pemerintah kecamatan juga memberitahukan kepada semua warga bahwa keberadaan vaksin telah tersedia di Puskesmas Senapelan, maka dari itu manfaatkanlah kesempatan ini dengan mendaftarkan diri segera,” ajak Camat Senapelan.

Dalam penyampaian aspirasi, salah satu warga menyampaikan bahwa dimasa pandemi Covid-19 saat ini kebutuhan pendidikan sangatlah penting diberikan bagi anak usia dini hingga tingkat SMA/SMK yang hingga kini masih melakukan pembelajaran secara daring atau jarak jauh.

“Diwilayah kami ada tempat pendidikan bagi anak usia dini yakni PAUD, namun kendala kondisi gentengnya bocor maka apabila hujan membasahi ruangan belajar. Dan keluhan kami sebagai ibu rumah tangga, anak kami rindu akan masuk sekolah serta membahayakan juga bagi kesehatan mata karena keseringan belajar dengan gadget atau android,” ujarnya.

Selain itu dalam membangkitkan perekonomian masyarakat, warga dilingkungan RT. 01 RW. 05 telah memiliki UMKM yang memproduksi jajanan jenis roti canai, namun permasalahan masih menggunakan cara tradisional.

“Kami berharap dengan Pak Dewan dapat memberikan dukungan bagi kami untuk bisa menyediakan alat pembuat roti canai, sehingga pertumbuhan ekonomi ibu-ibu disini dapat lancar,” tutupnya.

Melihat antusias warga menghadiri kegiatan reses tersebut, Wakil Ketua DPRD kota Pekanbaru Ginda Burnama ST sangat bersyukur sekali karena wilayah Kecamatan Senapelan tepatnya dilingkungan Kelurahan Kampung Baru memiliki usulan-usulan yang sifatnya lebih kearah membangun diberbagai sektor.

“Menanggapi aspirasi pembuatan gapura permanen di kawasan tertib lalulintas, kami akan memberikan dua opsi. Yang pertama bisa dilakukan usulan anggaran pemerintah kota Pekanbaru dan opsi kedua secara swadaya, dengan mengajak perusahaan swasta maupun stakeholder untuk bisa memberikan dana CSRnya melalui surat permohonan atau proposal yang akan kita sepakati bersama. Jadi, tergantung opsi pilihan dari warga dan kita akan tetap mendukung program ini,” jelas Ginda Burnama.

Terkait usulan kemajuan pendidikan ditengah pandemi Covid-19, politisi Partai Gerindra ini juga merasa jenuh dengan masa pembelajaran jarak jauh menggunakan fasilitas HP android maupun gadget, yang dampaknya tidak baik bagi anak-anak.

“Mari kita berdoa semoga pandemi Covid-19 dapat cepat berlalu, kita telah merencanakan untuk beberapa bulan kedepan Pembelajaran Tatap Muka bisa dilakukan diseluruh sekolah yang ada kota Pekanbaru. Mudah-mudahan ini bisa terwujud, tentu juga tidak terlepas dari dukungan dan peranan kita semua agar tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah,” jelas Ginda Burnama.

“Untuk kondisi sekolah PAUD yang tidak layak, nanti kita akan bersama-sama meninjaunya, apabila kerusakannya ringan akan kita berikan secepatnya tapi untuk kondisi rusak parah akan kita masukan usulan anggaran di tahun berikutnya. Dan untuk kemajuan UMKM produksi roti canai akan kita pertimbangkan segera, karena hal ini sangat penting bagi kemajuan perekonomian masyarakat,” tutup Wakil Ketua DPRD kota Pekanbaru.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian satu buku buah karya Ginda Burnama yang berjudul Tanggung Jawab Untuk Masa Depan kepada setiap warga serta menyempatkan untuk berfoto bersama. *(mirza)