Quick Response SAR Siap Layani Masyarakat Pekanbaru

oleh -73 views

Pekanbaru, nsknews.com – Menghadapi situasi transisi atau pergantian antara dua musim, seperti musim kemarau menuju musim penghujan diwilayah Provinsi Riau, Basarnas Pekanbaru terus melakukan koordinasi ke semua pihak khususnya kepada salah satu mitra kerjanya yakni Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Pekanbaru, I Nyoman Sidakarya SH ketika dijumpai di ruang kerjanya pada Kamis 06 Oktober 2022.

Dengan masa kerja yang terbilang baru empat bulan tersebut, I Nyoman sebagai pimpinan berupaya akan berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh masyarakat apabila nantinya dibutuhkan melakukan sesuatu bantuan pencarian serta pertolongan jiwa akibat musibah bencana alam.

“Melihat kondisi dan situasi saat ini, kami (Basarnas, red) akan tetap mempersiapkan personel maupun alut yang kita miliki, agar Quick Response SAR yang tinggi dari kami dapat bermanfaat bagi masyarakat. Karena hal ini merupakan langkah tanggap kami untuk mengantisipasi dampak munculnya korban jiwa dalam setiap bencana,” ujar I Nyoman.

Termasuk juga menurutnya, dengan situasi operasi saat ini seringnya kejadian diwilayah pesisir sungai, akibat curah hujan yang cukup tinggi sehingga meningkatkan volume air yang dapat menimbulkan kejadian musibah bencana.

“Untuk permasalahan ini, kami selalu berkoordinasi dengan masyarakat maupun pemerintah setempat dengan menempatkan beberapa personel serta alut diwilayah rawan banjir tersebut,” sebut Kakansar Pekanbaru.

“Contohnya pada dua hari yang lalu, personel kami tanggap langsung mendatangi tempat-tempat kejadian banjir dan untuk ikut serta mengevakuasi korban banjir di lokasi sekitar tepian Sungai Siak kecamatan Senapelan serta diwilayah pinggiran Sungai di kecamatan Sail. Upaya ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan bahwa untuk saat ini jumlah personel di Basarnas Pekanbaru sudah mencukupi kebutuhan, namun ketersediaan personel masih belum memenuhi persyaratan di Pos-Pos wilayah kota Pekanbaru.

“Kita berharap pusat nantinya dapat menyetujui beberapa tambahan personel yang kita butuhkan. Dan juga tambahan peralatan sarana laut serta alat pendeteksi pencarian di perairan yang masih kita butuhkan saat ini,” ujarnya.

Mantan Kepala Basarnas Cilacap ini menyebutkan bahwa hubungan sinergitas bersama dengan pemerintah maupun stakeholder lainnya telah terbangun cukup baik, sehingga segala permasalahan yang muncul dilapangan dapat cepat teratasi.

“Kami sangat berterimakasih sekali terhadap dukungan semua pihak yang telah membantu kami selama ini. Begitu juga terkait hal operasi-operasi SAR serta pembinaan lainnya kita terus berkolaborasi.

Terakhir ia juga menyebutkan untuk menciptakan inovasi, sebagai pimpinan Basarnas di Pekanbaru harus dapat berkreasi melalui terobosan-terobosan yang telah dilakukan diantaranya mendirikan pos unit di kota Dumai.

“Kami bersyukur untuk pembangunan pos unit didukung penuh oleh PT Pelindo yang merupakan mitra kami di pelabuhan tersebut. Terimakasih kami ucapkan atas dukungan dan kerjasama dari semua pihak,” tutupnya.

Untuk diketahui, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Pekanbaru terus mempersiapkan diri seperti pembinaan personel yang di refresh dengan alat-alat yang dimiliki, sehingga kedepannya pelayanan kita akan selalu dibutuhkan oleh seluruh masyarakat. *(mrz)