Program Swasembada Pangan, Babinsa Beri Pendampingan Kepada Petani

oleh -1.830 views

Agam, nsknews.com – Anggota Koramil 02/Bnh Sei Puar Kodim 0304/Agam melaksanakan kegiatan Inovatif Pendampingan penyiapan lahan pertanian milik Bapak Eri Sutan Kayo anggota Kelompok Tani Sepakat dengan luas lahan ± 2 Hektar di di Jorong Kuruak Pakan Akaik Nagari Kubang Putiah Kecamatan Banuhampu, Kamis (09/12/2021).

Persiapan lahan sawah ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh petani sebelum menanam padi di sawah.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan hasil padi yang sesuai dengan harapan, karena untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan harus dimulai dari awal, yaitu sejak dilakukan pengolahan lahan sampai tanaman itu bisa di panen.

Lahan cocok tanam diolah kembali untuk meningkatkan kesuburan tanah sebagai media tumbuh tanaman padi. Agar hasil tanam padi lebih mensejahterakan kehidupan para petani.

Pada kesempatan tersebut, Bapak Eri Sutan Kayo mengucapkan banyak terimakasih terhadap Babinsa Koramil 02/Bnh Sei Puar karena sudah meluangkan banyak waktu unrtuk mendampinginya mengolah lahan sawah tanpa kenal lelah.

Salah Satu Babisa Sertu Zulfikar menjelaskan kegiatan membantu petani merupakan tugas sebagai tindak lanjut dari MoU Menteri Pertanian dengan TNI tentang program Ketahanan Swasembada Pangan.

Dengan demikian peran dan fungsi Babinsa memiliki kewajiban memberikan pendampingan kepada petani di wilayah masing-masing.

Danramil 02/Bnh Sei Puar Lettu Inf Sumantri menyampaikan Tujuan Babinsa turun langsung ke sawah dalam rangka membantu petani di desa/Nagari binaan adalah sebagai bentuk nyata keseriusan dalam melakukan pendampingan upaya khusus di bidang pertanian terhadap para petani di wilayah guna mempercepat proses tanam, untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian.

Proses olah lahan dengan menggunakan traktor akan lebih mempercepat pekerjaan petani. Selain itu, dengan alat modern traktor tanah menjadi gembur dan melumpur.

“Gulma pun akan mati dan membusuk, yang akhirnya dapat menyuburkan lahan persawahan,” kata Danramil.

Menurutnya, dengan didampingi Babinsa diharapkan petani benar-benar merasa terbantu sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal dalam bercocok tanam.

“Sehingga ketahanan pangan nasional sukses diwujudkan,” jelas Danramil 02/Bnh Sei Puar Lettu Inf Sumantri. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.