Pengurus Mabiran Dan Kwartir Ranting Kecamatan Binawidya Resmi Dilantik Oleh Ketua Kwarcab kota Pekanbaru

oleh -322 views

Pekanbaru – Pengurus Majelis Pembimbing Ranting, Kwartir Ranting, Lembaga Keuangan Dewan Kerja Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Binawidya masa bakti 2021-2024 secara resmi dilantik.

Kegiatan pelaksanaan pelantikan Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Kecamatan Binawidya dilakukan oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka kota Pekanbaru Masykur Tarmizi S.STP M.Si pada Kamis (24/06/21) Pagi.

Diawali dengan pelantikan dan pengambilan sumpah serta prosesi tanya jawab, penyematan tanda jabatan, dilanjutkan dengan penandatanganan Ikrar dan berita acara antara Ketua Kwarcab kota Pekanbaru Masykur Tarmizi S.STP M.Si kepada Ketua Mabiran Kecamatan Binawidya Edi Suherman M.Si yang diikuti oleh seluruh pengurus dan anggota.

Berikutnya dilakukan juga pelantikan dan pengambilan sumpah serta prosesi tanya jawab, penyematan tanda jabatan, dilanjutkan dengan penandatanganan Ikrar dan berita acara antara Ketua Mabiran Kecamatan Edi Suherman M.Si kepada Ketua Kwartir Ranting Irwan Yuliadi dan Ketua Lembaga Pemeriksaan Keuangan Rizon Jayadi gerakan pramuka Kecamatan Binawidya yang diikuti oleh seluruh pengurus dan anggota.

Dan selanjutnya, pelantikan dan pengambilan sumpah serta prosesi tanya jawab, penyematan tanda jabatan, dilanjutkan dengan penandatanganan Ikrar dan berita acara antara Ketua Kwartir Ranting Kecamatan Binawidya Irwan Yuliadi kepada Ketua Dewan Kerja Ranting Ahmad Sofian gerakan pramuka Kecamatan Binawidya yang diikuti oleh seluruh pengurus dan anggota.

Dalam penyampaiannya, Ketua Mabiran Kecamatan Binawidya Edi Suherman M.Si mengharapkan kepada seluruh pengurus kwarcab kota Pekanbaru untuk dapat memberikan tunjuk ajar kepada gerakan pramuka yang baru saja dilantik.

“Kami sangat berterimakasih kepada Ketua Kwarcab kota Pekanbaru yang bersedia melantik kepengurusan gerakan pramuka di Kecamatan Binawidya, dan juga kami sangat bersyukur sekali kegiatan ini disaksikan oleh Ketua dan pengurus Kwarda Riau,” ujar Kak Edi.

Kak Edi juga menyebutkan dalam menjalankan gerakan pramuka tentunya tidak mudah untuk mencapainya apabila tanpa kerjasama dari semua pihak.

“Tapi kami akan berupaya berusaha semaksimal mungkin bersama pengurus Mabiran di Kecamatan Binawidya untuk memberikan bimbingan, bantuan moril, material dan finansial serta selalu berkonsultasi dengan kwartir ranting dalam membahas program-program kerja yang sudah disusun,” tambahnya.

Bahkan ia juga menyampaikan, salah satu peran serta dalam membantu kwartir ranting kecamatan Binawidya, yakni telah dilaksanakannya musyawarah ranting gerakan pramuka tampan pada 27 Maret 2021 lalu.

“Dan kita juga telah memberikan kesempatan kepada pengurus dan anggota kwartir ranting dalam ikut serta menyukseskan kegiatan vaksinasi massal melalui bus vaksin yang disediakan oleh pemerintah kota Pekanbaru, hingga pelaksanaan pelantikan saat ini,” sebut Kak Edi Suherman.

Bahkan menurut Kak Edi Suherman, gerakan kepramukaan di Kecamatan Binawidya nantinya juga akan dapat memberi nilai-nilai manfaat bagi masyarakat.

“Kegiatan sosial kemanusiaan juga akan menjadi wacana kerja kita, seperti gotong royong bersama masyarakat hingga pelaksanaan Jum’at berkah berbagi kebaikan kepada masyarakat,” jelasnya.

“Kami selaku Mabiran juga mengharapkan perhatian dari Kapolsek, Danramil, Kepala Puskesmas, para Lurah-Lurah, Ketua LPM dan unsur lainnya untuk bisa membantu gerakan pramuka dalam membentuk karakter generasi muda,” tutup Ketua Mabiran Kecamatan Binawidya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab kota Pekanbaru Masykur Tarmizi S.STP M.Si mengatakan bahwasanya keberadaan Kwartir Ranting di Kecamatan Binawidya merupakan tindak lanjut dari penataan dan pemekaran wilayah kecamatan yang dilakukan oleh pemerintah kota Pekanbaru akhir tahun lalu.

“Dengan besaran wilayah kota Pekanbaru telah berkembang pesat saat ini, tentunya sangat dibutuhkan sumber daya manusia yang handal dan profesional. Maka dengan adanya gerakan pramuka di Binawidya ini dapat ikut andil dalam mendukung memajukan dan membangun kota Pekanbaru sebagai kota smart city madani,” sebut Kak Masykur.

Untuk berjalannya kegiatan gerakan kepramukaan di ranting-ranting kecamatan, nantinya Kak Masykur sebagai Ketua Kwarcab kota Pekanbaru nantinya akan memberikan anggaran khusus pembinaan.

“Di tahun ini kita akan menyiapkan anggaran kegiatan bagi ranting yang berkolaborasi dengan mabiran (Camat, red) setempat. Dengan adanya alokasi anggaran khusus ini kita berharap kegiatan kepramukaan dapat lebih berdaya dan memiliki energi lagi hingga ke tingkat gugus depan,” urai Kak Masykur.

Selain itu menurut Kak Masykur, Kwarcab kota Pekanbaru dalam waktu dekat ini akan mengandeng dan bekerjasama dengan BPBD kota Pekanbaru untuk membentuk satgas peduli bencana.

“Memang benar kita bersama BPBD Pekanbaru akan menjalankan suatu program dalam mengantisipasi beberapa kejadian dan kasus bencana di kota ini, baik itu bencana alam maupun bencana non alam. Yang dinamakan dengan Brigade Penolong merupakan unit gerakan pramuka peduli yang telah ada sebelumnya,” sebut Kak Masykur.

Diakhir penyampaiannya, ia berharap dengan telah adanya Mabina dan kwartir ranting di kecamatan Binawidya, tentunya gerakan kepramukaan dapat lebih semangat dalam berkarya.

“Semoga gerakan pramuka di Kecamatan Binawidya semakin maju dan berprestasi serta mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dalam membentuk generasi muda menjadi lebih baik,” tutup Ketua Kwarcab kota Pekanbaru.

Kegiatan pelantikan Pengurus Majelis Pembimbing Ranting, Kwartir Ranting, Lembaga Keuangan Dewan Kerja Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Binawidya tersebut dihadiri oleh Ketua Kwarda Riau H.M. Azali Djohan SH, anggota Mabida Riau Prof Suardi MS, Ketua Kwarcab kota Pekanbaru Masykur Tarmizi S.STP, M.Si, dan para tamu undangan lainnya. *(mrz)