Pembinaan Jaring Mitra Karib, Kasdim : Kemanunggalan TNI Bersama Rakyat

oleh -1.123 views

Agam – Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0304/Agam Letkol Inf Masrizal yang mewakili Dandim 0304/Agam membuka kegiatan Pembinaan Jaring Mitra Karib Semester II TA. 2021 di Aula Kodim 0304/Agam pada Selasa (09/11/21).

Tema kegiatan ini adalah “Mewujudkan Binter TNI AD yang adaptif melalului pembinaan jaring mitra karib diwilayah guna Mengoptimalkan Deteksi Dini, Cegah Dini, Temu Cepat dan Lapor Cepat Bagi Apkowil”.

Kegiatan diikuti oleh 60 orang peserta yang terdiri atas tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, KBT dan anggota masyarakat lainnya.

Kasdim 0304/Agam Letkol Inf Masrizal menegaskan penyelenggaraan kegiatan Pembinaan Jaring Mitra Karib Semester II TA. 2021 sebagai wujud pembinaan mitra karib dalam rangka pencapaian keberhasilan tugas pokok TNI.

Salah satunya memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta. Untuk TNI AD, pemberdayaan wilayah pertahanan darat dilakukan melalui pembinaan teritorial.

Ia menambahkan, pembinaan teritorial ini dalam penerapannya dilaksanakan dalam bentuk pembinaan mitra karib terpilih atau yang dikenal dengan jaring teritorial sebagai kepanjangan tangan aparat Komando Kewilayahan dalam upaya mendapatkan berbagai informasi di wilayahnya.

“Kegiatan pembinaan mitra karib ini sebagai upaya untuk mewujudkan dan memperkokoh Kemanunggalan TNI bersama Rakyat. Apabila masih ada pihak-pihak yang menginginkan TNI lepas dan terpisah dari Rakyat, berarti tidak memahami sejarah,” ujarnya.

Dikatakannya juga, TNI tidak bisa disamakan dengan Tentara di negara lain, sampai kapanpun TNI dan Rakyat tidak bisa dipisahkan.

“Sejarah mencatat, Tentara (Laskar/Pejuang) dan Rakyat bahu membahu berjuang untuk merebut dan mempertahankan Kemerdekan Indonesia,” ujar Kasdim 0304/Agam.

Setelah pembukaan kegiatan ini dilanjutkan dengan pemberian materi mempertahankan Ideologi Pancasila melalui Bela Negara Demi keutuhan NKRI yang juga di sampaikan oleh Kepala Staf Kodim 0304/Agam Letkol Inf Masrizal, setelah pemberian materi dilanjutkan dialog khusus yaitu tanya jawab dan para peserta sangat antusias melaksanakannya. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.