Pembayaran Parkir Non Tunai Akan Diterapkan, Upaya Peningkatan PAD Era Digitalisasi

oleh -237 views

Pekanbaru – Dinas Perhubungan (Dishub) kota Pekanbaru saat ini tengah menyiapkan proses sayembara untuk mencari mitra kerja dalam pengelolaan parkir tepi ruas jalan.

Untuk diketahui nantinya mitra kerja yang lolos dari proses sayembara tersebut akan mengelola parkir di 88 (delapan puluh delapan) ruas jalan di kota Pekanbaru.

Hal ini dibenarkan oleh Kadishub kota Pekanbaru Yuliarso melalui Ka UPTD Perparkiran Radinal Munandar yang menyebutkan sayembara tersebut masih dalam tahap sosialisasi kepada seluruh juru parkir.

Selain itu, Ka UPTD Perparkiran juga menjelaskan petugas juru parkir akan dibekali satu alat mesin pembayaran non tunai yang nantinya uang parkir tersebut akan dikumpulkan atau masuk ke dalam rekening tanpa menerima fisik uang secara langsung.

“Untuk penggunaan alat non tunai ini telah kita uji coba kepada juru parkir yang berada di Pasar Buah yang merupakan salah satu tempat pembelanjaan terbesar di kota Pekanbaru,” ujar Radinal.

Adapun untuk sistematisnya, para pengguna jasa parkir atau pengendara terlebih dahulu menempatkan/memarkirkan kendaraannya, dan selanjutnya pembayaran bisa dilakukan dengan mengesekkan atau menempelkan kartu non tunai tersebut.

“Maka dari alat mesin non tunai tersebut akan keluar kertas berupa tanda bayar. Dalam bukti pembayaran itu akan tertera waktu, nilai yang dibayar, alamat, dan tempat pembayaran, serta nomor kendaraan,” ujar Radinal.

“Tahapan saat ini kita sedang mencari alat pembayaran non tunai. Kemudian, kami sosialisasikan terlebih dahulu, sehingga Juru Parkir mengetahui fungsi dari alat tersebut,” tambahnya.

Mantan Lurah Lembah Damai ini juga menjelaskan, untuk penerapan aplikasi tersebut merupakan bagian dari inovasi pada era digital saat ini .

“Upaya ini telah kita sesuaikan dengan perkembangan zaman. Selain itu, inovasi ini juga dapat diharapkan akan lebih mempermudah proses kerja menjadi lebih efektif, efisien dan bermanfaat secara luas bagi masyarakat,” ujar Radinal.

“Karenanya, kita harapkan ke depan pembayaran parkir non tunai tersebut bisa juga meningkatkan Pendapatan Asli Daerah atau PAD di kota Pekanbaru dengan berbagai regulasi yang bisa ditetapkan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, transaksi penggunaan pembayaran non tunai ini akan bekerja sama dengan seluruh bank yang menggunakan sistem e-money. *(mrz)