Operasi Ketupat Singgalang tahun 2021, Kodim 0304/Agam Siagakan Personel Di Posko Komando Taktis

oleh -96 views

Agam – Komandan Kodim (Dandim) 0304/Agam Letkol. Arh. Yosip Brozti Dadi, S.E., M.Tr (Han) yang diwakili oleh Wadanramil 03/Lbs Letda Inf Abdul Malik menghadiri Rapat Koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Agam dan Polres Agam menjelang pelaksanaan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu (28/04/21) Siang, bertempat di Aula Wibisono Mapolres Agam Jalan Jenderal Sudirman Padang Baru Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam, yang dipimpin langsung oleh Kapolres Agam AKBP Dwi Nur Setiawan, SIK, MH.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Polres Agam akan mendirikan 10 (sepuluh) Posko Komando Taktis Operasi Ketupat Singgalang tahun 2021 didalam cakupan wilayah hukumnya.

Rapat koordinasi dihadiri juga oleh Bupati Agam DR. Andri Warman MM, Kajari Agam Rio Rizal, Ketua Pengadilan Negeri Agam Yunindro Fuji Ariyanto, Ketua DPRD Agam DR. Novi Irwan, Kasat Pol PP-Damkar Drs. Kurniawan, Dinas Perhubungan Agam Dandi Pribadi S.I.P, BPBD Kabupaten Agam, dan pimpinan OPD Pemerintah Kabupaten Agam terkait.

Dalam hal ini, Kapolres Agam AKBP Dwi Nur Setiawan menjelaskan 10 unit Poskotis sudah dipersiapkan dan masing-masing berbeda kategori baik Pos PAM, Pos Pelayanan dan Pos Sekat, yang ditempatkan di lokasi rawan bencana, macet dan perbatasan kabupaten Agam dengan daerah lain. Diantaranya yakni :

A. Pos PAM 3 unit dengan lokasi :

– Pos I di Simpang Gudang Manggopoh;
– Pos II di Matur; dan
– Pos III di Simpang Maninjau atau kelok 1.

B. Pos Pelayanan 5 unit dengan lokasi :

– Pos I di Pasir Tiku;
– Pos II di Pasar Lama Lubuk Basung;
– Pos III di Muko-Muko;
– Pos IV di Linggai Park; dan
– Pos V di Lawang dan Lawang Park.

C. Pos Sekat dibentuk di 3 lokasi yaitu :

– Perbatasan Kabupaten Agam dengan Kabupaten Pasaman Barat;
– Wilayah kecamatan Palembayan; dan
– Perbatasan Kabupaten Agam dengan Kabupaten Padang Pariaman, di Gasan Ketek, Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara.

Adapun khusus untuk Pos Sekat di bentuk dua regu, setiap pos personelnya 24 orang, dengan total personel 48 orang berasal dari unsur Polri, TNI, Satpol PP, Dishub dan Dinkes.

“Sedangkan untuk Pos PAM dan Pos Pelayanan disesuaikan dengan jumlah personel yang ada,” Ujar Kapolres Agam.

Untuk diketahui, Operasi Ketupat Singgalang 2021 akan dilaksanakan mulai tanggal 6-17 Mei, pelaksanaannya berbeda dibanding sebelum pandemi, yang hanya memberikan pengamanan atau kenyaman bagi masyarakat.

“Tahun ini operasi juga memberikan penyekatan bagi masyarakat yang akan mudik, sehingga dibentuk Pos Sekat untuk melakukan pemantauan terhadap masyarakat yang pulang kampung atau mudik,” papar Kapolres.

“Penyekatan perbatasan ini sesuai kebijakan pemerintah dalam mencegah kegiatan mudik lebaran oleh masyarakat, untuk mengatasi potensi penyebaran covid-19, seluruh stakeholder dan unsur terkait dalam operasi ketupat Singgalang 2021 itu bisa mengambil peran maksimal,” tutupnya. *(mrz)