Ni Harapan Masyarakat Desa Sontang Kepada PT KML Duta Palma Nusantara Group

oleh -71 views

Rohul — Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dilaksanakan di gedung DPRD Rokan Hulu oleh Komisi II pada Senin 05 September 2020 yang lalu antara masyarakat Desa Sontang dengan PT Kandis Mekar Lestari (KML) Duta Palma Nusantara Group dimana pihak perusahaan diberi waktu tenggang selama dua minggu untuk menjawab semua tuntutan dari masyarakat Desa Sontang.

Komisi II DPRD Rohul melanjutkan dengan melayangkan berupa surat untuk mengadakan pertemuan kembali pada Selasa (20/09/2022), namun pihak perusahaan tidak ada yang hadir atau mangkir dari jadwal yang telah di putuskan bersama.

Ketidakhadiran pihak perusahaan dibenarkan oleh salah satu masyarakat Desa Sontang yang berkesempatan hadir saat usai mengadakan pertemuan dengan Komisi II DPRD Rokan Hulu (Rohul) di Pasir Pengaraian Kabupaten Rohul.

“Ya benar pertemuan hari ini tidak ada satupun pihak perusahaan yang hadir, namun kita tetap mendesak perusahaan untuk mengeluarkan segala tuntutan dari masyarakat 20 persen dari lahan yang di kelola oleh perusahaan,” imbuhnya.

Selanjutnya “Untuk sementara sebelum ada jawaban dari pihak perusahaan, agar ada niat baik Perusahaan terhadap Masyarakat, mungkin masyarakat akan mengklaim lahan yang 20 persen dari lahan yang di kelola oleh perusahaan seluas 670 hektar dan ini mereka kelola tanpa ada izin,” ungkapnya.

Saat di tanya apa alasan dari pihak perusahaan tidak hadir, beliau menjawab tidak tau dan kami pun di undang oleh Komisi II DPRD Rohul untuk kembali mengadakan pertemuan dengan pihak perusahaan.

Kades Sontang Zulfahrianto, SE berharap kepada pihak perusahaan agar mengeluarkan hak dari masyarakatnya yang 20 persen dari luas lahan yang di kelola oleh pihak perusahaan.

Diharapkan Zulfahrianto SE, kepada pihak perusahaan agar yang 20 persen hak masyarakat itu dikeluarkan oleh perusahaan, permasalahan ini diselesaikan dengan baik,” pungkasnya.