Musdes Didesa Kakabo berjalan kondusif” BPD dan Masyrakat Apresiasi kinerja Kades

oleh -188 views

Kuansing – Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Desa Kampung Baru Koto Kecamatan Inuman Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau melaksanakan Musyawarah Desa Perencanaan Desa Tahunan Tahun 2022. Musdes dimulai pukul 09.00 wib yang bertempat di Balai Pertemuan Desa Kampung Baru Koto yang di hadiri Camat Inuman diwakilkan Kasi PMD Jufrinaldi,SE , Ketua BPD bersama Anggota, Kepala Desa bersama Perangkat Desa,Ketua LPM, ,RT/RW, Tokoh Agama,Tokoh Adat,Tokoh Masyarakat,tokoh perempuan dan tokoh pemuda,Bidan Desa, PD, PLD, Pengelola PAUD, Pengelola BUMDes,dan undangan lainnya yang di undang dalam Musdes ini. Rabu (03/11/21)

MUSDES dibuka oleh Ketua BPD Desa Kampung Baru Koto Sulastri yang sekaligus sebagai Pimpinan Musdes dengan menyampaikan dasar hukum dan tujuan dari pelaksanaan musyawarah desa dan sekaligus meminta kepada Pemerintah Desa untuk melaporkan realisasi kegiatan desa yang sedang berjalan. Setelah Musdes dibuka oleh Ketua BPD, selanjutnya waktu diserahkan kepada Kepala Desa Kampung Baru Koto Khairul untuk melaporkan realisasi kegiatan Desa yang telah berjalan maupun yang belum terdanai.

Laporan Desa secara detail dan lebih jelas disampaikan oleh kades kampung baru koto yang menyampaikan laporan Desa secara tertulis dan telah dibagikan kepada seluruh undangan yang hadir dalam kegiatan Musdes ini.

BPD sangat mengapresiasi terhadap kinerja Pemerintah Desa terhadap penyampaian laporan yang telah disampaikan maupun kinerja-kinerja yang dilaksanakan oleh perangkat Desa Kpung Baru koto yang telah berkerja secara maksimal. Dalam kesempatan ini Camat Inuman yang diwakili oleh Kasi Pemerdayaan Masyarakat menyampaikan beberapa hal terkait kebijakan- kebijakan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Beliau sangat mengapresiasi Pemerintah Desa kampung baru koto yang telah melaksanakan Musdes secara tepat waktu. Selain itu Bapak Kasi menyampaikan bahwa Pembangunan Desa kedepannya agar mencermati RPJMDes sebagai landasan untuk pelaksanaan Pembangunan Desa.

Pendamping Desa dalam pelaksanaan Musdes ini juga menyampaikan bahwa Pendamping Desa mengapresiasi kepada Pemerintah Desa terhadap penyampaian yang telah disampaikan dengan baik dan telah mengikuti perundang-undangan yang berlaku dan sesuai proses yang ditetapkan. Namun ada beberapa hal yang perlu dicermati oleh para peserta undangan bahwa penyusunan RKP Desa harus memperhatikan RPJMDes yang telah disusun selama 3 Tahun. Selain itu PD juga memberikan pemehaman-pemahaman terkait mekanisme proses perencanaan pembangunan di Pemerintah Desa.

Setelah penyampaian dari Pendamping Desa, Musdes dilanjutkan dengan tanya jawab kepada peserta Musdes terkait penilaian kinerja Pemerintah Desa. Dalam Musdes ini juga dipilih dan dibentuk Tim Verifikasi RKP Desa. Tim Verifikasi RKP Desa yang dipilih dalam Musdes ini yakni PLD, salah satu anggota LPM sebagai tim Verifikasi RKP Desa kedepannya. Setelah pembentukan tim Verifikasi, acara selanjutnya penyampaian hasil Musyawarah Desa oleh BPD yang diwakilkan pembacaannya oleh Sekretaris Desa dan sekaligus penandatanganan berita acara Musdes Perencanaan Desa Tahunan Tahun 2022 serta penutupan acara oleh Ketua BPD.

Sementara usulan yang disampaikan masyrakat disaat musdes untuk kegiatan 2022 terdapat beberapa usulan diantaranya sisa anggran dari program yang telah di tetap kan pemerintah seperti stanting , PKT, BLT , SDGS itu di suruh oleh masyarakat untuk rehap rumah layak huni.