Motivasi Petani Dan Warga, Serka Thamrin Tanam Singkong

oleh -91 views

Agam, nsknews.com – Ditengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini Babinsa Koramil 07/Tilkam, Serka Thamrin, mengajak warga diwilayah binaannya untuk membuat terobosan usaha sambilan.

Dengan memanfaatkan lahan tidur atau kosong untuk budidaya tanaman Singkong yang bertempat di Surau Usang Jorong Koto malintang Nagari Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam pada Jum’at (20/05/2022).

Selain untuk mewujudkan ketahanan pangan, usaha sambilan menanam Singkong tersebut hasilnya dapat untuk menopang dan menambah pendapatan ekonomi keluarga.

Serka Thamrin Babinsa Koramil 07/Tilkam melaksanakan kegiatan pembersihan tanaman ubi kayu dilahan miliknya seluas 20 x 40 m bersama 1 orang masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan tetap.

Bukan hanya sekedar himbauan saja yang disampaikan kepada warga, namun Babinsa Serka Thamrin turun langsung untuk membantu masyarakat tersebut.

Ia menyebutkan, Singkong atau juga disebut ketela pohon merupakan tanaman pangan berupa perdu dengan nama lain Ubi Kayu, tanaman ini sangat mudah dibudidayakan dan dapat dijadikan bahan pangan non beras.

“Jangan sia-siakan lahan tidur, mari kita olah untuk ditanami Singkong atau tanaman palawija maupun tanaman produktif lainnya,” tutup Serka Thamrin.

Sementara itu, Pak Prasetyo (48) salah satu petani singkong warga Nagari Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang mengatakan, para petani singkong di Kampung setempat merasa terbantu dengan peran aktif Babinsa setempat dalam memotivasi para petani singkong.

“Para petani singkong sangat terbantu dengan adanya pembinaan dari Babinsa, Serka Thamrin bahkan sering membantu para petani singkong di wilayah binaan baik dari memilih bibit, cara menanam, dan penyemprotan maupun pemupukan,” terang Prasetyo. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.