Mapenaling Menjadi Sarana Mengedukasi dan Memotivasi WBP Rutan Pekanbaru

oleh -1.653 views

 

Pekanbaru – Sebanyak 70 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Pekanbaru mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan (Mapenaling), Rabu (15/12).

Para WBP yang mengikuti Mapenaling tersebut merupakan WBP yang baru dipindahkan dari pihak penahan seperti Kejaksaaan dan Kepolisian yang ditempatkan di Blok Hunian C.

Melalui Mapenaling petugas memperkenalkan tentang aturan yang ada di Rutan Kelas I Pekanbaru, Larangan, Hak dan Kewajiban, serta Sanksi.

Kepala Rutan Kelas I Pekanbaru, M. Lukman menjelaskan dalam kegiatan tersebut WBP yang ditempatkan di Blok C sebagai hunian khusus Mapenaling itu mendapat materi peningkatan kedisiplinan melalui kegiatan pelatihan berbaris, olah raga, dan dasar-dasar etika serta peningkatan kecintaan kepada negara melalui penghafalan lagu-lagu wajib nasional.

“Tujuan Mapenaling agar WBP lebih siap untuk melaksanakan kegiatan pembinaan Kepribadian dan Kemandirian serta mengenalkan lingkungan Rutan Kepada penghuni baru. Sembari berolahraga petugas pun memberikan edukasi dan motivasi agar WBP mampu secara sadar menjalani masa pidananya ” ujar Lukman.

“Bahwa kegiatan seperti mapenaling ini dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan serta menjadi ajang silaturahmi dalam rangka mendukung kondisifitas aman terkendali di lingkungan Rutan Kelas I Pekanbaru,” tambah Karutan.

Tidak hanya petugas, Rutan Kelas I Pekanbaru juga menjalin sinergitas dengan mengundang TNI dalam memberikan pembinaan kepada WBP yang mengikuti mapenaling.

Karutan berharap WBP yang selesai mapenaling menjadi pribadi yang disiplin, beretika, dapat bermasyarakat di lingkungan barunya serta memahami tata cara pengajuan program integrasi beserta persyaratannya sesuai peraturan yang berlaku. (***)