Koramil 04/Tanjung Mutiara Siap Dukung Bahaya Stunting Untuk Sukseskan Internalisasi Pengasuhan 1000 HPK

oleh -123 views

Agam – Pelaksanaan kegiatan Internalisasi Pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dilakukan pada Selasa (15/06/21) Pagi.

Bertempat di Aula BAPEDA Kabupaten Agam Lubuk Basung, kegiatan tersebut dihadiri oleh Danrem 032/Wbr diwakili Pasi Bakti TNI Mayor Inf S.Simanihuruk, Dandim 0304/Agam diwakili Pasi Ter Kapt Inf Khoirul, Kadis BKKBN Propinsi Sumbar Fatmawati. Sp.Mg, Kadis Dalduk KB.PP.PA. Kabupaten Agam Ir.Erniwati. Sp.Msp, perwakilan Dinkes Kesehatan Kabupaten Agam, Dosen Universitas Andalas Padang Dr.Helmiza, FKM Universitas Andalas Padang, Tim penggerak PKK Provinsi Sumbar dan Kabupaten Agam, Perwakilan Babinsa disetiap Koramil dan Anggota Staf Teritorial Kodim 0304/Agam.

Dalam sambutannya, Pasi Bakti TNI Rem 032/Wbr Mayor Inf S.Simanihuruk menjelaskan diperlukannya pengasuhan yang baik pada 1000 Hari Pertama Kehidupan.

Karena menurutnya, pondasi utama kehidupan manusia di masa depan dapat dipengaruhi oleh pengasuhan pada 1000 Hari Pertama Kehidupan tersebut, yang dimulai sejak awal konsepsi atau selama 270 hari masa kehamilan serta 730 hari setelah lahir (hingga anak berusia 2 tahun). Pada periode tersebut, terjadi perkembangan otak, pertumbuhah yang begitu cepat.

“Peranan keluarga sebagai wahana utama dalam memberikan pengasuhan kepada anak, berperan penting untuk membangun karakter bangsa yang mulia. Keluarga dituntut mampu menciptakan lingkungan belajar yang positif. Bermula dari keluarga, anak akan membentuk karakternya. Keluarga utamanya memainkan posisi penting di dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila dan 8 fungsi keluarga, mulai dari fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi, serta fungsi pembinaan lingkungan.” Terangnya.

Sementara itu, Peltu Antonius menjelaskan bahwasanya kegiatan ini untuk mengedukasi masyarakat diwilayah binaannya tepatnya di Kecamatan Tanjung Mutiara Dan Kabupaten Agam.

“Khususnya untuk tentang Bahaya Stunting, Koramil 04/Tanjung Mutiara Kodim 0304/Agam Sangat Mendukung Kegiatan ini apabila dibutuhkan tenaga pun kami akan siap turut membantu,” jelas Peltu Antonius. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.