Kodim 0304/Agam Kembali Gelar Kegiatan Gebyar Vaksinasi Covid-19

oleh -1.033 views

Agam – Dalam rangka membantu program pemerintah dalam menangani wabah Covid-19, Kodim 0304/Agam bersama Polres Bukittinggi, Pemko Bukittinggi, RST TK. IV Bukittinggi, dan RS. Otak Bukittinggi, kembali menggelar Gebyar Vaksinasi Covid-19.

Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Wirabraja Kodim 0304/Agam Bukittinggi, pada Sabtu (06/11/21) bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah dalam rangka mencapai target herd immunity di wilayah Bukittinggi-Agam.

Hal ini disampaikan oleh Kordinator Lapangan Plh. Pasi Ops Kodim 0304/Agam Kapten Inf. Army Parulian Nasution usai mengikuti kegiatan Gebyar Vaksinasi.

“Khusus untuk Kota Bukittinggi sebagian besar masyarakat sudah menyadari bahwa Vaksin Covid-19 adalah sebuah kebutuhan,” ucapnya.

Kapten Inf. Army P Nasution yang juga menjabat Danramil 09/IV Koto mengatakan bahwa Gebyar Pahlawan Vaksinasi menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) agar masyarakat menjadi lebih produktif dalam menjalankan aktivitas kesehariannya untuk Indonesia bangkit.

Selaku koordinator lapangan Gebyar Vaksinasi Covid-19 Kapten Inf. Army mengatakan kelancaran kegiatan ini didukung penuh oleh peran Tenaga Kesehatan (Nakes) dari RST Bukittinggi sebanyak 9 orang, RSUD Bukittinggi sebanyak 9 orang, RS. Otak Bukittinggi sebanyak 9 orang, Klinik Polres Bukittinggi sebanyak 9 orang dan dibantu oleh Babinkamtibmas sebanyak 10 orang dan Personel Kodim 0304/Agam sebanyak 25 orang.

Selanjutnya, Army menambahkan, Gebyar Vaksinasi Covid-19 ini di laksanakan untuk pemberian Vaksin Covid-19 Dosis Pertama dan Dosis Kedua dengan jenis Vaksin Sinovac.

Untuk diketahui, hasil pelaksanaan kegiatan pemberian Vaksin Covid-19 dengan jenis Sinovac Dosis Pertama dan Dosis Kedua berjumlah 952 orang dengan rincian sebagai berikut :

1. Pos RST Bukittinggi dengan total 248 orang, untuk :
– Pemberian Dosis Pertama berjumlah 155 orang.
– Pemberian Dosis Kedua berjumlah 93 orang.

2. Pos RS. Otak Bukittinggi dengan total 210 orang untuk :
– Pemberian Dosis Pertama berjumlah 165 orang.
– Pemberian Dosis Kedua berjumlah 45 orang.

3. Pos RSUD Bukittinggi dengan Total 303 orang, untuk :
– Pemberian Dosis Pertama berjumlah 98 orang.
– Pemberian Dosis Kedua berjumlah 205 orang.

4. Pos Klinik Polres Bukittinggi dengan Total 191 orang untuk :
– Pemberian Dosis Pertama berjumlah 132 orang.
– Pemberian Dosis Kedua berjumlah 59 orang.

Pada kesempatan yang sama, Dandim 0304/Agam Letkol Arh Yosip Brozti Dadi SE, M.Tr (Han) mengatakan untuk pelaksanaan ini dihimbau kepada seluruh stakeholder, tokoh masyarakat, alim ulama, ninik mamak untuk mengajak seluruh saudara-saudaranya bagi yang belum divaksin agar dapat mengikuti vaksinasi tahap pertama maupun tahap kedua yang telah disediakan oleh pemerintah secara gratis.

Selain itu, lanjut Dandim 0304/Agam, Vaksin Covid-19 ini selain untuk menjaga kesehatan pribadi termasuk juga menjaga kesehatan orang dilingkungan sekitar.

“Jika disuatu wilayah belum terpenuhi herd immunity-nya maka Virus Corona ini akan sangat mudah menyebar,” tegasnya.

Hingga sore ini, pelaksanaan kegiatan Gebyar Vaksinasi Covid-19 yang terpusat di Lapangan Wirabraja Kodim 0304/Agam Kota Bukittinggi berlangsung aman dan lancar.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0304/Agam Letkol Arh Yosip Brozti Dadi, SE, M.Tr (Han), Kapolres Bukittinggi AKBP. Dody Prawira Negara SH. S.I.K, MH, Kasdim 0304/Agam Letkol Inf. Masrizal, Danramil 01/Kota Bukittinggi Mayor Inf. Asrul Sani R, Paur tuud Rumkit Tentara TK. IV Bukittinggi Lettu CKM. Yudi Hery Wibowo A. Md. AK beserta anggota RST, Ketua Umum Vaksinator RSOMH (Rumah sakit Otak Mohatta) dr. Genta, Direktur RSUD Bukittinggi dr. Vera Maya Sari Sp. DLP, MM, Babinsa jajaran Kodim 0304/Agam dan Babinkamtibmas Polres Bukittinggi. (*)