Kelurahan Tangkerang Utara Mengikuti Penilaian EPDesKes tahun 2021

oleh -598 views

Pekanbaru – Kelurahan Tangkerang Utara mewakili Kecamatan Bukit Raya dalam mengikuti pelaksanaan penilaian Evaluasi Perkembangan Desa/Kelurahan (EPDesKel) tingkat kota pada tahun 2021.

Kegiatan pemaparan EPDesKel bertempat di Aula Kelurahan Tangkerang Utara tersebut dilaksanakan pada Kamis (17/06/21) yang dihadiri oleh Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Kelembagaan Adriyani beserta tim penilaian, Camat Bukit Raya T. Ardi Dwisasti S.STP, M.Si, Lurah Tangkerang Utara Zulken SP, Ketua PKK Kecamatan dan Kelurahan, Babinsa, Babinkamtibmas, Ketua Forum RT/RW, Ketua LPM Kelurahan, Kader PKK, dan para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Lurah Tangkerang Utara Zulken SP menyampaikan paparan tentang profil kelurahan serta inovasi yang diciptakan dari tahun 2019 hingga 2020.

“Untuk profil kelurahan di Tangkerang Utara jumlah penduduk 22.484 jiwa dengan luas wilayah 2,64 km² dengan batas wilayah sebelah utara kecamatan Sail, sebelah selatan kelurahan Tangkerang Selatan dan Tangkerang labuan, sebelah timur Kecamatan Tenayan Raya, dan sebelah barat Kecamatan Marpoyan Damai,” sebut Lurah Zulken.

Adapun untuk inovasi yang diandalkan di Kelurahan Tangkerang Utara, menurut Lurah Zulken yakni telah terbentuknya kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga UP2K yang beranggotakan sekitar kurang lebih 6 (enam) orang dari kader PKK.

“Kelompok UP2K ini telah menciptakan produk berupa sabun cuci piring, sabun cuci tangan, dan sabun colek yang telah dijualbelikan di mini market-mini maret terdekat,” sebut Lurah Zulken.

“Selain sabun cuci, kelompok UP2K juga telah berkarya membuat masker, tempat tisu, keranjang buah dan kerajinan lainnya,” tambahnya.

Kemudian Lurah menyebutkan juga telah ada inovasi-inovasi lainnya dari kelompok masyarakat yang dibawah koordinasi Ketua RW. 03 Armen Budaya berupa karya dari mantan Ketua RT. 04 Yuneldi yang telah menciptakan alat pemotongan tulang dan daging serta alat penumbang hewan kurban.

“Dari kedua inovasi ini, saya selaku Lurah mengucapkan terima kasih kepada masyarakat khususnya warga Tangkerang Utara yang telah bersedia membantu meningkatkan perekonomian melalui produk-produknya ini,” sebut Lurah Zulken seraya mengharapkan lahirnya inovasi-inovasi baru.

Untuk kegiatan penilaian EPDesKes tahun 2021 ini, Lurah berharap juga dapat meraih keberhasilan dari tingkat kota hingga ke tingkat nasional.

“Kami yakin dan optimis dalam mencapai kesuksesan ini, tentunya dengan dukungan masyarakat dan perangkat kelurahan yang sangat luar biasa,” tutup Lurah Tangkerang Utara.

Untuk diketahui, selama kegiatan penilaian EPDesKes tahun 2021 berlangsung tetap mengikuti standar protokol kesehatan Covid-19 sesuai anjuran dari pemerintah. *(mrz)