Kapten Czi Nuryetrizal : Peran KSB Sangat Penting Diwilayah Rawan Bencana

oleh -347 views

Agam – Babinsa Koramil 04/Tanjung Mutiara Kodim 0304/Agam Sertu Yuprizal pada Rabu (23/06/21) menghadiri kegiatan pembentukan dan pembinaan Kelompok Siaga Bencana (KSB) di Aula Nagari Tiku V Jorong Muaro Putus Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam.

Kegiatan tersebut dilakukan mengingat karena letak geografis Sumatera Barat yang rawan dengan bencana Alam Gempa dan Kecamatan Tanjung Mutiara berada di dekat Pantai.

Maka dari itu, pembentukan Kelompok Siaga Bencana (KSB) sangat diharapkan, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap masyarakat dalam menghadapi bencana Alam.

Dalam kesempatannya, Babinsa Koramil 04/Tanjung Mutiara Sertu Yuprizal menyampaikan pada kegiatan tersebut bahwa Kodim 0304/Agam akan selalu mendukung kegiatan yang digagas oleh pemerintah daerah setempat.

“Kami akan selalu mendukung dan siap membantu, apabila dibutuhkan tenaga dari kami. Karena penangulangan Bencana alam ini merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab dari TNI,” Sambungnya.

Ditempat terpisah, Danramil 04/Tanjung Mutiara Kapten Czi Nuryetrizal menjelaskan Bencana berpotensi menjadi ancaman yang serius apabila masyarakat tidak mengenal karakteristik bencana dan bagaimana menanganinya.

“Dalam rangka mencerdaskan seluruh lapisan masyarakat, khususnya Nagari di Kecamatan Tanjung Mutiara program ini sangat penting untuk disampaikan pengetahuan tentang bencana alam yang berpotensi timbul diwilayah ini,” ujar Danramil.

Diakhir penyampaiannya, Danramil 04/Tanjung Mutiara Menyampaikan Dalam upaya memaksimalisasi efektifitas edukasi kebencanaan, diperlukan program pendampingan yang sifatnya komprehensif dalam jangka waktu tertentu.

“Bencana alam dan non-alam memiliki peluang tidak terdeteksi sebelum kejadian, maka dibutuhkan langkah-langkah preventif yang perlu dilakukan oleh desa, atau daerah-daerah demi menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Kami dari Kodim 0304/Agam akan selalu siap kapan pun apabila dibutuhkan bantuan ini,” tutup Danramil 04/Tanjung Mutiara. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.