Kakanwil Kemenkumham Riau Temui Gubernur Bahas Persiapan Pemberian Remisi Umum

oleh -190 views

Pekanbaru – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau Pujo Harinto yang didampingi Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Pekanbaru, Sugiyanto dan Kepala Sub Bidang Pelayanan Tahanan, Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi, Mathrios Zulhidayat menemui Gubernur Riau, Syamsuar pada Senin (16/8) bertempat di kediaman Gubernur.

Pertemuan ini membahas persiapan pemberian remisi umum untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang merupakan agenda rutin tahunan rangkaian HUT RI pada setiap tanggal 17 Agustus.

Pemberian Remisi Umum di Provinsi Riau rencananya akan diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Riau dan dilaksanakan di Balai Pauh Janggi Gedung Daerah Provinsi Riau.

Ditengah Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, pemberian remisi akan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat serta jumlah undangan yang sangat dibatasi.

Kakanwil mengucapkan terimakasih atas dukungan dan kesediaan Gubernur Riau yang berkenan menghadiri serta menyerahkan remisi umum secara simbolis kepada WBP.

“Terimakasih banyak kepada Bapak Gubernur yang bersedia menghadiri dan mendukung terlaksananya pemberian remisi,” ujar Kakanwil.

Kanwil Kemenkumham Riau telah mengusulkan 6.990 narapidana di seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) pada lingkungan kerja Kanwil Kemenkumham Riau untuk mendapatkan remisi umum dengan rincian Remisi Umum (RU) I, yaitu yang mendapatkan pengurangan masa tahanan sebanyak 6.891 orang dan usulan Remisi Umum (RU) II atau yang langsung bebas setelah mendapatkan remisi yaitu sebanyak 99 orang. (*)