Jalan Kaki Berikan Takjil Gratis Kepada Juru Parkir, Radinal : Jangan Lupa Selalu Memakai Masker

oleh -105 views

Pekanbaru – Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub) kota Pekanbaru selama empat hari kedepan mulai dari hari Sabtu 8 Maret hingga Selasa 11 Maret 2021 akan menyambangi para petugas atau juru parkir di sepanjang Jalan kota Pekanbaru.

Aksi tim dari UPT Perparkiran Dishub Pekanbaru mendatangi juru parkir tersebut bukanlah upaya penertiban, melainkan kegiatan sosial pada sore hari menjelang berbuka puasa dengan membagi-bagikan makanan takjil dengan berjalan kaki sejauh puluhan kilometer.

Walaupun dalam menjalankan puasa, tim UPT Perparkiran yang berjumlah kurang lebih dua puluh orang tersebut sangat bersemangat memberikan takjil tersebut seraya berkomunikasi dengan juru parkir yang sedang bertugas.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kepala UPT Perparkiran Dishub Pekanbaru Radinal Munandar yang menyebutkan bahwasanya takjil yang diberikan kepada juru parkir tersebut berasal dari bantuan serta sumbangan yang terkumpul beberapa koordinator parkir.

“Kami disini diminta ataupun diamanahkan kepada koordinator parkir untuk bisa memberikan makanan takjil untuk berbuka puasa kepada juru parkir yang telah bekerja mengatur dan merapikan kendaraan bermotor yang berhenti di jalan-jalan,” ujar Radinal.

Ia juga menyampaikan, pemberian takjil kepada juru parkir selama empat hari tersebut dimulai dari pukul 16.00 WIB hingga waktu berbuka puasa tiba, dengan membawa sebanyak 150 makanan takjil setiap harinya.

“Setiap harinya rute yang kami jalani berbeda-beda, untuk saat ini kami fokus berjalan kaki nembawa takjil dan membagikannya dari Jalan Tanjung Datuk ujung Jalan sudirman, putar arah memasuki Jalan Juanda hingga Jalan Ahmad Yani dan kembali lagi ke Jalan Sudirman,” urai Radinal.

Untuk di hari keduanya, mantan Lurah Lembah Damai mengatakan tim UPT Perparkiran akan tetap bergerak petang hari dengan menyusuri Jalan Nangka, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Adi Sucipto, hingga Jalan Arifin Ahmad.

“Dan di hari ketiga dan keempat sasaran terakhir kami diseputaran Jalan Hang Tuah,
upaya ini kami lakukan karena kami merasa bahwa juru parkir ini merupakan bagian dari dinas perhubungan, karena ketertiban kendaraan bermotor yang berhenti di jalan merupakan tanggung jawab mereka,” sebutnya.

Selain memberikan ratusan takjil setiap harinya, Tim UPT perparkiran Dishub Kota Pekanbaru tersebut juga menyampaikan kepada juru parkir agar tetap memakai masker.

“Dimasa pandemi saat ini, dengan tingkat penyebaran wabah Covid-19 yang sangat tinggi kami meminta kerjasama kepada juru parkir agar bisa memberikan contoh kepada pengguna jasa parkir untuk selalu memakai masker kapan pun dan dimana pun,” ujar Radinal.

“Jangan takut untuk menegur masyarakat apabila ditemukan tidak memakai masker, hal ini sebagai wujud kepedulian kita terhadap sesama akan bahaya wabah Covid-19 yang telah merenggut nyawa kita. Untuk itu patuhi dan terapkan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, selalu mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan,” tutupnya. *(mrz)