Jadi Juri Lomba Kreasi Masak, Lurah Kampung Baru Ajak Warga Berinovasi Ditengah Pandemi

oleh -588 views

Pekanbaru – Masih dalam rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke 76, warga dilingkungan RW. 07 Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Senapelan mengelar berbagai perlombaan dengan tema Lomba Semangat 45.

Kegiatan perlombaan tersebut telah dimulai dari tanggal 17 agustus 2021 lalu dan rencananya berakhir pada tanggal 29 Agustus 2021 nanti, yang mana selama kegiatan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran dari pemerintah.

Adapun jenis kegiatan yang akan diperlombakan yakni Lomba Kreasi Memasak dengan peserta dewasa putri dan Ibu-Ibu, Lomba Menyanyikan Lagu Nasional dengan kategori anak-anak dan kategori remaja, Lomba Mewarnai anak dari tingkat TK hingga SD kelas 3, Lomba Tik Tok Kemerdekaan, dan Lomba Melafalkan Teks Proklamasi yang pesertanya dewasa putra serta Bapak-Bapak.

Uniknya dalam keadaan masa pandemi seluruh kegiatan perlombaan tersebut dilaksanakan dengan cara virtual, mengingat masih tinggi angka penyebaran wabah Covid-19.

Pada kesempatan tersebut ketua panitia pelaksana Syofriyeni menyebutkan bahwa kegiatan perlombaan secara virtual tersebut dilakukan karena semangat dari seluruh warga dilingkungan RW. 07 yang ingin tetap merayakan kemenangan di Peringatan HUT kemerdekaan RI ke 76 tahun 2021.

“Maka kami menyepakati bersama, untuk perlombaan akan dilaksanakan namun tetap menjaga protokol kesehatan yang pelaksanaan disaksikan melalui virtual,” ujar Syofriyeni.

Untuk perlombaan Kreasi Memasak juga terkesan sederhana, karena menurut Syofriyeni bahan-bahannya seluruhnya terbuat dari telur, mulai dari makanan telur fantasi, dadar telur kreasi, kue tar telur, semur telur, sosis telur, asam manis telur, dan omlet telur.

“Adapun alasan kita memakai konsep masakan berbahan telur, karena situasi kondisi di pandemi Covid-19 yang mengakibatkan perekonomian masyarakat terasa sulit. Untuk itu kami atas nama panitia mengundang Ibu Lurah Kampung Baru beserta rombongan untuk dapat menjadi juri dan memberikan penilaian secara langsung,” ujar Syofriyeni pada Jum’at (27/08/21).

Ditempat yang sama, Lurah Kampung Baru Yeni Erita S.Sos sangat menyambut baik adanya kegiatan perlombaan memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 76 yang dilakukan oleh seluruh warga dilingkungan RW. 07 dengan masih mengacu pada ketentuan protokol kesehatan.

“Kami sangat mengapresiasi kepada seluruh ketua RT dilingkungan RW. 07 karena dalam masa PPKM mereka dapat berinovasi untuk merayakan HUT kemerdekaan RI dengan cara virtual, sehingga tidak menimbulkan keramaian dan kerumunan,” ujar Lurah Yeni.

Bahkan Lurah Yeni menjelaskan ide dan gagasan dari masyarakat di RW. 07 mengelar berbagai perlombaan tersebut sangat menarik, sehingga tidak mengurangi rasa kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Ini merupakan terobosan yang sangat bagus, karena sesuai juga dengan motto dari Bapak Walikota Pekanbaru yakni tanpa inovasi-inovasi yang baru tentunya kita akan mati,” sebut Lurah Yeni.

Kepada para peserta dan seluruh masyarakat, Lurah Yeni berpesan agar dalam menghadapi cobaan di masa pandemi Covid-19 untuk tetap menjaga kesehatan serta tetap menerapkan protokol kesehatan dengan cara mendukung gerakan 5M yakni Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak,
Menjauhi kerumunan, dan Membatasi mobilisasi dan interaksi.

“Kesehatan kita merupakan suatu hal yang utama, namun juga kita tetap selalu menjaga kekompakan dengan selalu berkreatif dan berinovatif,” tutup Lurah Yeni seraya menyampaikan selamat kepada para pemenang peserta perlombaan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 76 dilingkungan RW. 07 Kelurahan Kampung Baru. *(mirza)