Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si Bacakan Sambutan Menteri ART Dan BPN

oleh -83 views

Pekanbaru — Dalam rangka memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang atau disingkat dengan Hantaru yang ke-61 Gubernur Riau, Syamsuar menerima aset pemerintah Provinsi Riau yang langsung diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan (Kakanwil BPN) Provinsi Riau, M.Syahrir di kantor BPN Kota Pekanbaru, Jum’at (24/09/21).

Adapun sertifikat aset pemerintah yang diterima oleh Syamsuar ini adalah berupa tanah dengan luas 48.340 meter persegi dengan tujuan penggunaan untuk dijadikan pusat penelitian dan pelayanan industri terpadu dan balai penelitian yang berlokasi di Kelurahan Rejo Sari.

Dalam upacara memperingati Hantaru 2021 ini, Syamsuar juga membacakan amanat dan sekaligus kata sambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) dan Badan Pertanahan Nasional (BPN). Dimana dalam amanatnya, Menteri ATR/BPN mengusung tema percepatan pemulihan ekonomi melalui pelayanan tata ruang dan pertanahan secara profesional dengan cara melaksanakan Undang-undang Cipta Kerja (UUCK) dan turunannya untuk menciptakan lapangan kerja yang seluas-luasnya bagi rakyat Indonesia dengan cara memberikan kemudahan
berusaha bagi UMKM serta mendorong investasi.

Tujuan dari UUCK adalah untuk memperbaiki persoalan perizinan kegiatan berusaha telah memberikan ruang yang lebih luas dan berperan penting bagi tata ruang yang menjadi ujung tombak dalam perizinan berusaha.

Syamsuar juga menjelaskan bahwa dukungan terkait dalam kemudahan perizinan diberikan melalui penyederhanaan persyaratan, dimana hanya ada tiga persyaratan dasar yang dibutuhkan dalam memulai kegiatan berusaha yaitu kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang, persetujuan lingkungan dan detail tata ruang yang bersama-sama pemerintah daerah harus didorong dan percepat penerbitannya.

Dalam amanatnya, Menteri ATR/BPN juga menyampaikan terkait tata ruang dimana Kementerian telah meluncurkan inovasi dan terobosan geografhy Information System Tata Ruang atau disingkat dengan GISTARU yang didalamnya berisi RTR Online, RDTR Interaktif RTR Builder, Konsultasi Publik Online serta Protaru.

Sistem ini sejalan dengan semangat percepatan pemulihan ekonomi nasional maka pada Hari Ulang Tahun Agraria dan Tata Ruang tahun 2021 ke-61 ini, Kementerian ATR/BPN juga meluncurkan Sistem Pendaftaran Online Loketku dan Aplikasi Permohonan Informasi Online. Diharapakan dengan adanya layanan elektronik ini, masyarakat dapat informasi lebih lengkap mengenai persyaratan apa saja yang harus dipersiapkan sebelum datang ke Kantor Pertanahan.

allowfullscreen>

Tujuan akhir dari pelayanan elektronik ini adalah untuk meningkatkan efisiensi waktu, biaya dan transparansi pelayanan.