Gubernur Riau Apresiasi BRK Bantu Iuran BPJS Ketenagakerjaan 5.000 Pekerja Rentan

oleh -1.478 views

Pekanbaru — Gubernur Riau Drs. Syamsuar M.Si menyerahkan secara simbolis kartu Kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK untuk 5000 pekerja rentan bantuan Bank Riau Kepri, bertempat di Balai Serindit, Jum’at (17/12/2021).

Dalam penyerahan itu disaksikan langsung oleh, Dirut PT BRK Andi Buchari, Deputi Direktur Wilayah Sumbar-Riau BPJS Ketenagakerjaan Eko Yuyulianda, Kepala Kanwil Kemenag Riau, Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy, dan Kadisnakertrans Riau H Jonli.

Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si menerangkan, 5.000 bantuan tenaga kerja diberikan kepada para pekerja yang rentan kecelakaan kerja. Seperti Petugas Keamanan, Imam Masjid, Pedagang Kecil, Gharim Masjid, serta Nelayan.

Dengan adanya bantuan tersebut, ia berharap dapat bermanfaat bagi 5.000 pekerja di Provinsi Riau yang diberikan melalui Bank Riau Kepri (BRK).

allowfullscreen>

“Tentunya atas nama pemerintah daerah Provinsi Riau kami mengucapkan terima kasih kepada BRK yang ikut peduli membantu masyarakat kita yang rentan,” ucapnya.

Lanjut Syamsuar, tidak semua masyarakat Riau memiliki penghasilan yang mencukupi. Untuk itu ke depannya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan berusaha membantu para pekerja rentan. Khususnya guru madrasah terutama Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (MDTA) dan ini nanti akan kami minta kepada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau DR. H. Mahyuddin, MA untuk mempersiapkan data guru MDTA tersebut sebanyak 1000 orang.

Orang nomor satu di Riau ini menjelaskan, ini merupakan upaya Pemprov Riau membantu masyarakat pekerja rentan di Riau. Rentan yang dimaksud bisa mengalami kecelakaan kerja hingga meninggal dunia.

Ia berharap, melalui bantuan ini dapat membantu masyarakat yang penghasilannya tidak mencukupi. Sehingga jika terjadi kecelakaan kerja maka akan mendapatkan dukungan. Karena pemerintah sudah mempersiapkan terutama UU dan inilah bagian negara harus hadir.

“Jadi makanya adanya upaya ini semoga nanti melindungi tenaga kerja dan membantu bagi tenaga kerja kita yang penghasilannya tidak berkecukupan,” dan iuran pada bulan pertama nanti akan ditanggung langsung oleh Bank Riau Kepri, tapi hanya untuk satu bulan saja. tutupnya.

Dirut PT BRK Andi Buchari, bantuan ini merupakan bentuk rasa syukur pihaknya di tengah proses konversi yang dilakukan, turut membantu pembayaran iuran selama 1 bulan kepada pekerja rentan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Sehingga saudara-saudara kita pekerja rentan ini bisa di-cover iuran BPJS-nya. Sehingga resiko yang mereka hadapi itu, mudah-mudahan bisa membuat mereka tenang juga dalam bekerja,” pungkas Andi.

“Sebelumnya kita juga telah pernah melakukan hal yang sama. Kedepannya akan kita ditingkatkan lagi jumlah pekerja yang menerima bantuan iuran BPJS Ketenagakerjaan,” tambahnya.

Waktu yang sama Deputi Direktur Wilayah Sumbar-Riau BPJS Ketenagakerjaan Eko Yuyulianda menyampaikan, bahwa upaya yang dilakukan PT BRK itu sebagai implementasi program negara dalam jaminan sosial bagi pekerja. Sehingga bagi pekerja yang mendapatkan kecelakaan kerja, akan diobati hingga sembuh.

“Kalau terjadi resiko misalkan cacat, akan diberikan santunan cacat. Begitu juga kalau meninggal dunia, juga akan diberikan santunan meninggal dunia. Bahkan kalau pekerja rentan itu meninggal dunia di luar jam kerja, tetap akan mendapatkan santunan. Apabila memiliki anak, maka akan diberikan beasiswa,” ujarnya.