Dirgahayu Pemasyarakatan Ke 57 : Akselarasi Adaptasi Pemasyarakatan Pasti Maju

oleh -89 views

Pekanbaru – Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) yang dilaksanakan setiap tanggal 27 April, merupakan sebuah refleksi perjalanan Pemasyarakatan dalam menjalankan tugas dan fungsi Pemasyarakatan melalui sebuah Sistem Pemasyarakatan.

Peringatan HBP Ke-57 Tahun 2021 menjadi momentum penting seluruh jajaran Pemasyarakatan untuk semakin mengukuhkan komitmennya dalam mencapai tujuan Pemasyarakatan.

Upacara peringatan HBP Ke-57 yang dilaksanakan di Graha Pengayoman dan diikuti secara virtual oleh seluruh kantor wilayah dan UPT Pemasyarakan menjadi puncak rangkaian kegiatan HBP ke-57, Selasa (27/4).

“Peringatan 57 Tahun Pemasyarakatan membawa semangat besar untuk mengubah mindset publik terkait sistem peradilan pidana. Salah satunya adalah menghapus kecenderungan prison oriented atau dalam menyelesaikan masalah kejahatan selalu berujung pada pemenjaraan,” sebut Mahfud MD, dalam amanatnya sebagai Inspektur Upacara.

Tambahnya lagi, bahwa dalam pendekatan sistem Pemasyarakatan diperlukannya pembinaan yang berkesinambungan, sistematis, dan terarah.

Tentunya dengan mengedepankan perlakuan yang manusiawi dan menghormati hak-hak narapidana sebagai manusia.

“Inilah keyakinan yang sampai saat ini perlu kita perjuangkan, kita sebarkan, kita tularkan agar menjadi kesadaran kolektif dan akhirnya menjadi budaya bersama,” ucapnya.

Selesai pelaksanaan upacara, Kanwil Kemenkumham Riau menggelar kegiatan pemberian penghargaan kepada ASN di jajaran Pemasyarakatan dengan kategori pejabat berprestasi, pejabat teladan, pegawai teladan, dan petugas Blok Pengendali Narkoba (BPN) terbaik.

Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Pujo Harinto, dalam sambutannya mengajak seluruh insan Pemasyarakatan agar selalu melaksanakan prinsip Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif (PASTI).

“Selamat Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-57, semoga Pemasyarakatan semakin Maju,” ucap Pujo.

Pujo juga mengajak seluruh insan Pemasyarakatan untuk bekerja cerdas, bekerja ikhlas, dan bekerja tuntas.

Tak lupa, Kakanwil menyampaikan apresiasinya kepada seluruh petugas pemasyarakatan yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh kedisiplinan sehingga UPT Pemasyarakatan di Riau dalam keadaan aman dan kondusif. (*)