Datangi Warga Terpapar Covid-19, Langkah Proaktif Perangkat Kelurahan Kampung Baru

oleh -332 views

Pekanbaru – Aksi cepat tanggap pemerintah Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Senapelan kota Pekanbaru dalam menekan angka penyebaran wabah Covid-19 mendapatkan respon positif dari masyarakat sekitar.

Upaya jemput bola yang dilakukan oleh perangkat kelurahan, dalam hal ini Ketua RW. 07 Sucianto bersama RT setempat melaksanakan kegiatan rapid test kepada 4 buah rumah yang diduga terpapar wabah Covid-19 sebanyak 13 orang pada Minggu (18/07/21) Siang.

Sehingga tentunya hal ini merupakan langkah tepat dalam memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19, yang dapat mengakibatkan penularan bagi warga disekitar lingkungannya tersebut.

Dalam kegiatan rapid test yang mendatangi ke rumah warga dilingkungan RW. 07 tersebut, bekerja sama dengan Dinas Perhubungan kota Pekanbaru, tenaga kesehatan Rumah Sakit Madani kota Pekanbaru dan dibantu juga oleh Babinkamtibmas, Ketua Forum RT/RW serta seluruh Ketua RT dan RW di Kelurahan Kampung Baru.

Selesai melaksanakan kegiatan dari siang hingga sore, dari 13 orang yang dilakukan pemeriksaan rapid test diketahui sekitar 9 orang yang positif dan 4 orang ternyata negatif.

Lurah Kampung Baru Yeni Erita S.Sos dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya terhadap peran aktif kepada Ketua RW serta Ketua RT setempat yang telah peduli terhadap perkembangan penyebaran wabah Covid-19 dilingkungan sekitar.

“Upaya ini komitmen kita semua dalam menjalankan konsep 3T, salah satunya penelusuran beberapa kontak erat atau tracing ke tempat-tempat diduga adanya paparan wabah Covid-19 di lingkungan sekitar. Saya sangat berterimakasih atas tindakan langsung dari Ketua RW. 07 beserta perangkatnya yang tanggap terhadap kasus ini,” ujar Lurah Yeni.

Bahkan menurut Lurah Yeni, untuk menekan angka penyebaran Covid-19 disetiap lingkungan khususnya diwilayah yang banyak terpapar telah dilakukan beberapa tindakan penanganan langsung seperti melakukan penyemprotan disinfektan.

“Penyemprotan tersebut langkah kita dalam mensterilkan lingkungan yang terdapat kasus Covid-19 dengan peran serta babinsa, babinkamtibmas, perangkat Kelurahan maupun masyarakat yang ikut dilibatkan,” jelasnya.

Adapun untuk masyarakat yang diketahui hanya melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing, Lurah Yeni bersama perangkat juga telah memberikan bantuan berupa sembako.

“Ini merupakan suatu bentuk kepedulian kita kepada mereka yang melakukan isolasi mandiri, serta dukungan kita juga,” tutupnya. *(mrz)