Dandim 0301/PBR Pimpin Upacara Pemakaman Kapten CZI Pantas Siregar

oleh -647 views

Pekanbaru – Salah satu Perwira terbaik yang pernah bertugas di Kodim 0301/Pbr Kapten CZI Pantas Siregar meninggal atau tutup usia 49 Tahun di Rumah Sakit Umum Daerah Petala Bumi kota Pekanbaru pada hari Selasa 20 April 2021 pukul 20.15 WIB dikarenakan sakit.

Almarhum Kapten CZI Pantas Siregar yang menjabat Kaurlat Siops Kodim 0301/PBR dikenal sangat tegas dan disiplin dalam bertugas, sehingga pimpinan juga memberikan amanah jabatan sebagai Pjs Pasi Ops Korem 031/Wira Bima.

Meninggalkan dua orang anak dan satu istri yang bernama Elisabeth Lamouer Sihite, dimasa hidupnya almarhum juga sangat ramah dan luwes kepada seluruh rekan seprofesinya bahkan juga kepada insan pers, maupun kelompok organisasi kemasyarakatan lainnya.

Untuk mengenang jasa-jasa almarhum Kapten CZI Pantas Siregar pada Kamis (22/04/21) tepat pukul 14.20 WIB, Komandan Kodim (Dandim) 0301/PBR Kolonel Inf Edi Budiman, S.I.P, M.I.P langsung turun menjadi Inspektur Upacara pemakaman, bertempat di Taman Makam Bahagia (TMB) Jalan Pattimura Kota Pekanbaru.

Namun sebelumnya, telah dilaksanakan juga upacara persemayaman di rumah dinas almarhum yang berada di Asrama
Manipol Jalan Sutomo Gang Sukaharjo Blok M No. 2 RT. 05/RW. 04 Kelurahan Sail Kota Pekanbaru.

Adapun yang bertindak sebagai Inspektur Upacara di rumah duka tersebut yaitu Dan Denbekang I – 44 – 06 Letkol Cba Budi Widiawanto, sedangkan yang menjadi Perwira Upacara Kapten Kav Agussam dan Komandan Upacara Letda Arh Rubino Danton 2 Rai B Batalyon Arhanud 13/PBY.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sesuai anjuran pemerintah, upacara pemakaman tersebut diikuti juga oleh Satu SST Pa Staf dan Danramil Jajaran Kodim 0301/PBR, Satu SST Korem 031/WB, Satu SST Anggota Kodim 0301/PBR, Satu SST Yon Arhanud 13/PBY, Korsik, Pengusung Jenazah dan Regu Salfo (1 Pok).

allowfullscreen>

Dalam sambutan Dandim 0301/PBR Kolonel Inf Edi Budiman, S.I.P, M.I.P mengatakan bahwasanya pada hari ini salah satu putra terbaik bangsa telah pergi mendahului kita semua, sehingga pengabdiannya selama bertugas dapat menjadi panutan bagi seluruh prajurit.

“Upacara kebesaran ini dilaksanakan sebagai penghormatan dan penghargaan pemerintah atas jasa dan pengorbanan almarhum kepada Bangsa dan Negara yang telah dilaksanakan selama hidupnya. Cobaan ini sangat mengejutkan dan menyedihkan perasaan kita semua, tetapi sebagai orang beriman kita yakin bahwa kehendak Tuhan itu pasti yang terbaik. Oleh karena itu, Sebagai Umat yang beragama kita yang percaya kepada kasih sayang Tuhan, tentu kita harus menerimanya dengan tulus dan ikhlas,” ujar Dandim 0301/PBR.

Diakhir sambutannya Dandim 0301/PBR menyatakan rasa belasungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga atas kepergian almarhum yang sangat dicintai bersama, seraya memanjatkan do’a semoga tuhan yang maha esa agar diberikan ketabahan, kesabaran serta bimbingan serta perlindungan kepada seluruh keluarga yang ditinggalkan.

“Mohon kiranya kepada saudara, saudari yang hadir saat ini agar dapat melapangkan dada dan memaafkan dosa-dosa almarhum baik disengaja maupun yang tidak disengaja. Mari kita semua berdoa kepada Tuhan yang maha kuasa semoga kesalahan dan kehilafan almarhum diampuni dan mendapat tempat yang layak di sisinya,” tutup Dandim 0301/PBR.

Suasana kesedihan sangat terasa ketika terdengar beberapa kali suara tembakan salvo ke udara, mengiringi turunnya peti jenazah almarhum Kapten CZI Pantas Siregar.

Selamat Jalan,,, Semoga Amal kebaikannya selalu dikenang. *(mrz)