Berikan Pelayanan Kesehatan, Kelurahan Kampung Baru Gelar Vaksinasi Covid-19

oleh -187 views

Pekanbaru – Dalam menjalankan program pemerintah untuk menekan penyebaran wabah Covid-19, pemerintah kota Pekanbaru melalui Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Senapelan telah melakukan pemberian vaksinasi Covid-19 kepada seluruh masyarakat.

Kegiatan pemberian vaksinasi Covid-19 tersebut yang dilaksanakan pada Selasa (13/07/21) Pagi di Halaman Mall Ciputra Seraya Jalan Riau sangat antusias diminati oleh masyarakat.

Untuk diketahui, pemberian vaksinasi Covid-19 bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan kota Pekanbaru menggunakan fasilitas armada bus vaksinasi keliling yang digagas oleh Wali Kota Pekanbaru Dr. Firdaus ST, MT beberapa waktu lalu untuk melayani masyarakat.

Ketika dijumpai di lokasi Lurah Kampung Baru Yeni Erita S.Sos didampingi oleh Ketua Forum RT/RW Alfitri Alfa menyebutkan bahwasanya vaksinasi Covid-19 saat ini diberikan oleh warga sebanyak 10 vial atau 100 dosis vaksin.

Namun menurut Lurah Yeni, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tersebut dibagi dalam dua tahapan, 50 dosis vaksin untuk tahap pertama dan 50 dosis berikutnya untuk tahap kedua.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kita untuk menciptakan kekebalan komunal atau herd immunity bagi masyarakat agar terhindar dari penyebaran wabah Covid-19,” ujar Lurah Yeni.

Selain memberikan vaksin Covid-19 kepada masyarakat, pihak Kelurahan Kampung Baru juga telah melakukan berbagai upaya edukasi dan sosialisasi pencegahan dan pengendalian penyebaran wabah Covid-19 dilingkungan RT dan RW setempat.

“Untuk perkembangan kasus Covid-19 diwilayah Kampung Baru ini masih dalam keadaan terkendali. Karena selama ini kami bersama perangkat kelurahan yang juga dibantu oleh babinsa dan babinkamtibmas selalu melakukan tindakan 3T yakni Testing (pemeriksaan dini), Tracing (pelacakan), dan Treatment (perawatan) kepada semua warga,” sebut Lurah Yeni.

Bahkan selama ini dalam perkembangan penyebaran wabah Covid-19 ditengah-tengah masyarakat khususnya dilingkungan kelurahan Kampung Baru, Lurah Yeni juga telah menyebutkan telah banyak melakukan beberapa sosialisasi, seperti penerapan protokol kesehatan.

“Kita selalu himbau kepada masyarakat tetap menerapkan pola 5M yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan, dan Mengurangi mobilitas. Upaya ini kita sampaikan karena wabah Covid-19 ini ada, untuk itu kita tetap waspada dan jangan abai,” tutup Lurah Yeni.

“Dan kita bersama juga selalu memberikan bantuan berupa sembako kepada warga yang terdampak Covid-19 dan melakukan monitoring hingga warga tersebut selesai melakukan isolasi mandiri,” tutup Lurah Kampung Baru. *(mrz)