Babinsa : Passar Loods Festival Gali Potensi Kuliner Warga

oleh -805 views

Agam – Selama tiga hari kedepan, mulai dari tanggal 11-13 November 2021 “Passar Loods Festival” akan digelar di Nagari Sungai Landia, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam.

Untuk diketahui, Nagari Sungai Landia memiliki potensi ekonomi, sosial, dan budaya yang selama ini belum tergarap maksimal.

Salah satu potensi ekonomi yang pernah dimiliki adalah hadirnya Passar Loods Sungai Landia yang didirikan di era kolonial Belanda, tahun 1936.

“Pasar ini menjadi pusat strategis di dalam percaturan ekonomi di Kabupaten Agam. Alasan utama pasar ini didirikan adalah kepentingan Kolonial Belanda untuk menjalankan regulasi gula tebu (saka) yang distribusikan ke berbagai nagari di Sumatra Barat,” Jelas Serda Abdullah Babinsa Koramil 09/IV Koto yang mewakili Danramil 09/IV Koto.

Menurutnya, kehadiran Passar Loods Sungai Landia secara tidak langsung membentuk kesadaran masyarakat di dalam menciptkan ide-ide kreatif yang bernilai ekonomis yang dijual di Passar Loods Sungai Landia seperti kerajinan Kampia kalayia dan kampia Nasi, keranjang anyaman.

Selain itu, jelasnya, Passar Loods Festival mengangkat potensi kuliner yang dibuat oleh masyarakat Sungai Landia.

“Juga ada pameran foto dengan tujuan terciptanya memori kolektif masyarakat tentang sejarah dari foto tersebut,” ungkap Serda Abdullah pada Kamis (11/11/21).

Ditempat terpisah Danramil 09/IV Koto Kapten Inf Army Parulian Nasution menjelaskan kegiatan ini juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya diwilayah lingkungan sekitar.

“Karena itu kami sebagai aparat teritorial akan selalu mendukung kegiatan yang membantu masyarakat Sungai Landia ini,” terangnya. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.